Dark/Light Mode

April Group & Krealogi Dukung 30 UMKM, Sasar Pasar Lokal Di Riau

Kamis, 1 Desember 2022 08:54 WIB
Foto: Dok. April Group
Foto: Dok. April Group

 Sebelumnya 
"Ini merupakan komitmen kami sebagai Pahlawan Digital UMKM Kementerian koperasi dan UMKM dalam mendigitalisasi UMKM di daerah. Kami bangga melihat kemampuan UMKM untuk menjadi produk secara lokal di daerah masing-masing, di marketplace, whatsapp business maupun melakukan pencatatan secara digital," ujar Hanna dalam keterangannya, Kamis (1/12).

Hanna menambahkan, program pendampingan SEMARAK diberikan kepada 30 pelaku usaha mikro, yang mana sebanyak 80 persen peserta merupakan perempuan yang berasal dari empat kabupaten yang merupakan area wilayah kerja APRIL Group di Riau, yakni Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, dan Kepulauan Meranti. Trisna Warda Ningsih, pelaku UMKM asal Kabupaten Pelalawan, Riau, merasa sangat terbantu dengan pelatihan dan pendampingan yang diberikan Krealogi.

"Setelah saya mengikuti pelatihan ini, saya merasa bisa lebih me-manage keuangan dan usaha saya dengan baik, dan sangat membantu dalam memajukan usaha saya," ujar pemilik usaha Dua Bersaudara tersebut.

Baca juga : Erick Apresiasi Dukungan BUMN Sukseskan G20

Kini, UMKM Dua Bersaudara yang bergerak dalam penjualan kuliner telah berhasil membukukan peningkatan pendapatan sebesar 86% berkat berbagai kegiatan yang diikutinya dalam program pelatihan SEMARAK.

Kerja sama antara Krealogi dan APRIL Group, lewat unit operasionalnya PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) didasari oleh kesamaan visi untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Sebagai produsen serat, pulp dan kertas berkelanjutan, April memiliki komitmen APRIL 2030 yang salah satu pilarnya adalah mencapai Kemajuan Inklusif untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional April.

Baca juga : 3 Kali Keok, Pelatih Qatar Pasrah Kalau Dipecat

Inisiatif SEMARAK dapat menjadi salah satu pendukung untuk mencapai target ini dengan meningkatkan pendapatan UMKM dan mendorong model bisnis yang lebih berkelanjutan.

Penutupan program SEMARAK telah berlangsung Senin (28/11)  2yang dilaksanakan secara daring. Penutupan tersebut dihadiri oleh para peserta, fasilitator lapangan Krealogi, serta perwakilan dari APRIL.

"Untuk menjalankan komitmen Inclusive Progress pada APRIL2030, kami menyambut baik kolaborasi dengan Krealogi, dimana upaya meningkatkan kualitas desain produk UMKM,” ujar Sihol Aritonang.

Baca juga : Lestari: Transformasi Harus Didukung Massifnya Literasi Digital

Hasto Teguh Kuncoro, selaku Community Development Head PT. RAPP, menambahkan bahwa tidak kalah penting untuk terus mendorong partisipasi para perempuan pelaku UMKM,

Menurutnya Partnership adalah hal yang penting dalam berkolaborasi. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita melakukan, ‘Let's do Du Anyam’. Mulai dari menganyam semangat hingga potensi kita bersama.

"Bagi April Group, mendorong partisipasi perempuan itu penting karena ibu-ibu dan teman-teman perempuan sangat mendorong kehidupan keluarga dan masyarakat disekitar kita," ujar Hasto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.