Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sambut Nataru, KAI Tinjau Persiapan Layanan Kereta Api Di Pulau Jawa

Rabu, 7 Desember 2022 15:59 WIB
Komisaris dan Direksi KAI tinjau persiapan layanan Kereta Api hadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2023.
Komisaris dan Direksi KAI tinjau persiapan layanan Kereta Api hadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama stakeholder perkeretaapian melakukan peninjauan ke berbagai wilayah di Pulau Jawa, pada Senin (5/12) sampai Rabu (7/12). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan seluruh aspek layanan kereta api dari berbagai aspek siap untuk melayani masyarakat pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. 

Di samping Komisaris dan Direksi KAI, turut hadir dalam inspeksi tersebut jajaran Komite Nasional Keselamatan Transportasi serta jajaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.
 
Direktur Utama KAI,  Didiek Hartantyo mengatakan, bahwa peninjauan ini dipimpin secara langsung oleh jajaran Direksi beserta Komisaris KAI untuk memastikan perjalanan kereta api di masa Nataru 2023 berjalan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan.
 
"Masa angkutan Nataru merupakan salah satu momen penting KAI setiap tahunnya. Pada waktu tersebut terjadi peningkatan jumlah pelanggan kereta api yang signifikan sehingga perlu dilakukan persiapan ekstra pada seluruh aspek layanan KAI," ujar Didiek dalam keterangannya Rabu (7/12)
 
Inspeksi meliputi kesiapan sarana dan prasarana, seperti lokomotif, kereta, fasilitas stasiun, dan jalur KA yang harus dalam kondisi andal dan siap operasi. 

Baca juga : Libur Nataru, Ganjar Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri 

KAI juga memastikan kesiapan SDM di bidang operasional dan pelayanan bekerja sesuai prosedur, mengutamakan keselamatan, serta tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik.
 
Perjalanan inspeksi dilakukan selama tiga hari dan terbagi menjadi dua perjalanan, lintas utara dan selatan Pulau Jawa.  

Inspeksi lintas utara Jawa dimulai dari Stasiun Gambir menuju Cirebon, Tegal, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Probolinggo, Jember, hingga Ketapang. 

Sedangkan untuk jalur selatan, perjalanan dimulai dari Stasiun Gambir, Padalarang, Bandung, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Malang, dan berakhir di Surabaya Gubeng.
 
Pada kegiatan inspeksi tersebut, Didiek bertemu dengan jajaran KAI di berbagai wilayah operasi.

Baca juga : Sambut IKN, PKS Kukar Siapkan Kader Lewat Program Unggulan

Ia berpesan agar seluruh insan KAI memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023. 

Didiek juga mengajak kepada seluruh pegawai KAI untuk melaksanakan Angkutan Natal dan Tahun Baru dengan nilai-nilai AKHLAK yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.
 
"Saya berpesan kepada teman-teman semua, dalam melayani para pelanggan kita di tahun ini, harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Caranya, tingkatkan kepedulian kita akan hal-hal yang menyangkut pelayanan kepada pelanggan baik di stasiun maupun di kereta api,” tegas Didiek.
 
Didiek menekankan, agar lingkungan stasiun tetap bersih, hijau, dan rapi sehingga stasiun kereta api dapat menjadi landmark bagi lingkungannya. Harapannya kereta api menjadi pilihan masyarakat bertransportasi dan menjadi salah satu contoh keteladanan di Indonesia. 

Salah satu aspek penting yang dilakukan pengecekan dalam kegiatan inspeksi ini adalah keamanan jalur kereta api, karena saat ini sudah memasuki musim hujan. Seluruh titik-titik rawan banjir, longsor, dan amblesan diidentifikasi, diperkuat dan dilakukan penjagaan ekstra. 

Baca juga : BP Jamsostek Cilandak Ajak Perusahaan Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Terdapat 646 titik rawan pada berbagai jalur KA yang rencananya akan dijaga oleh 45 petugas pemeriksa jalur ekstra dan 62 petugas daerah rawan.
 
“Di samping itu, KAI juga menyediakan alat dan material yang ditempatkan tersebar di sepanjang jalur kereta api. Hal ini bertujuan jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan,” ujar Didiek.
 
KAI berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan, khususnya pada masa libur Nataru 2023. Masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa KAI karena telah menerapkan protokol kesehatan sesuai yang ditetapkan pemerintah.
 
“Saya meminta kepada seluruh jajaran untuk mempersiapkan Angkutan Nataru  sebaik mungkin. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memudahkan, melancarkan, dan memberikan keselamatan bagi seluruh perjalanan kereta api kita sampai dengan Nataru selesai.” tutup Didiek.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.