Dark/Light Mode

BP Jamsostek Cilandak Ajak Perusahaan Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Rabu, 30 November 2022 12:07 WIB
BP Jamsostek menggelar program inclusive job center untuk membantu memperkejakan penyandang disabilitas. (Foto: Istimewa)
BP Jamsostek menggelar program inclusive job center untuk membantu memperkejakan penyandang disabilitas. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan kesetaraan hak bagi penyandang disabilitas dalam memperoleh kesempatan dalam bekerja.

Salah satunya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) yang membuka peluang bekerja untuk para penyandang disabilitas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesempatan dan kesetaraan bagi tenaga kerja inklusif.

Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Jakarta Cilandak Puspitaningsih mengatakan, program inclusive job center ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas) dengan Pemerintah Jerman yang diwakili oleh Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Baca juga : Dukung Pemerataan Layanan, IndiHome Penuhi Internet Untuk Penyandang Disabilitas

"Tujuan utama dari pusat ketenagakerjaan inklusif ini adalah BP Jamsostek dapat menjadi jembatan penghubung antara penyedia lapangan kerja yaitu, perusahaan khususnya peserta BP Jamsostek dengan tenaga kerja penyandang disabilitas menjadi role model dalam mempekerjakan tenaga kerja disabilitas," katanya di Jakarta, Selasa (29/11).

Wetty sapaan akrab Puspitaningsih menjelaskan, berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas diatur bahwa Pemerintah, Pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Sementara, perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Baca juga : Sandiaga Uno: Korban PHK Perlu Diberi Kesempatan Upscale

Selaras dengan hal tersebut, BP Jamsostek Cabang Jakarta Cilandak terus melakukan sosialisasi dan persuasif kepada perusahaan untuk melakukan rekrutmen tenaga kerja disabilitas di perusahaan tersebut.

BP Jamsostek Cabang Jakarta Cilandak menjadi satu dari enam kantor cabang BP Jamsostek yang menggelar program tersebut.

Selain BP Jamsostek Kantor Cabang Cilandak terdapat beberapa kantor cabang lagi yang sudah menjalankan program inclusive job center yakni, BP Jamsostek Cabang Palembang, Cikarang, Balikpapan, Denpasar, dan NTB.

Baca juga : Lestari Dorong Pemerataan Dan Peningkatan Kualitas Guru

Wetty menuturkan, terdapat 10 perusahaan binaan Kantor Cabang Cilandak yang sudah mempekerjakan penyandang disabilitas yakni, PT Suparco Indonesia, PT Radiant Utama Interinsco Tbk, PT JGC Indonesia, PT Indo Sarana Jaya Perkasa, PT Rajawali Berdikari Indonesia, PT Indosarana Jaya Perkasa, PT Infomedia Nusantara (Project), PT Inti Prima Ras, PT Bintang Karya Sarana.

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, perusahaan dapat ikut berkontribusi dalam memberikan kesempatan kerja kepada penyandang disabilitas," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.