Dark/Light Mode

Sambut IKN, PKS Kukar Siapkan Kader Lewat Program Unggulan

Rabu, 30 November 2022 14:03 WIB
Sekretaris DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kutai Kartanegara Ahmad Zainuddin. (Foto: Istimewa)
Sekretaris DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kutai Kartanegara Ahmad Zainuddin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kutai Kartanegara Ahmad Zainuddin bersyukur atas ketetapan pemerintahan Presiden Jokowi yang menetapkan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pengganti DKI Jakarta.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang merupakan sosok pemimpin yang memiliki jiwa semangat tinggi, serius dan tegas yang dalam periode masa pemerintahannya telah memasukkan program terhadap pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara di wilayah Kaltim," kata Zainuddin kepada wartawan di kantornya, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, Rabu (30/11).

Bahkan, Zainuddin beranggapan, apa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi yang memilih dan menetapkan wilayah Kaltim sebagai IKN Nusantara, bisa dikatakan bahwa Presiden Jokowi merupakan pelopor pembangunan Nusantara.

Terlebih, wacana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur sebenarnya merupakan cita-cita besar Presiden Soekarno dahulu.

"Pemindahan IKN di Kaltim disambut baik oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, sebagai upaya mewujudkan cita-cita sejak gagasan awal pemindahan IKN oleh bapak pendiri bangsa Presiden Soekarno, agar pembangunan indonesia merata dan berkeadilan," ujarnya.

Baca juga : Sambut Hari Ibu, KlikDokter Buat Campaign #JagaMamamu

Ia menilai, Pemerintah pusat sangat serius dalam merealisasikan IKN. Hal ini bisa dilihat dengan berbagai progres pembangunan infrastruktur yang sudah berjalan.

"Ini dibuktikan dengan progres pembangunannya hingga saat ini bisa berjalan dengan baik," sambung Zainuddin.

Sebagai tokoh masyarakat, tentu ia merasa sangat gembira dengan pembangunan IKN Nusantara.

"Tentu merasa sangat berbahagia dan menyambut baik pembangunan IKN ini sebagai kebijakan yang sangat luar biasa, sebuah kebijakan dan komitmen besar pemerintah pusat terhadap upaya pemerataan pembangunan di Indonesia," ucapnya.

Bahkan, demi suksesi pembangunan IKN Nusantara di Kaltim, ia sudah menyiapkan semua kader PKS untuk ikut mendukung dan mengawal program pemerintah itu.

Baca juga : HNW: Islamic Centre Hadirkan Peradaban Islam Unggulan

"Pengurus PKS Kabupaten Kukar telah mencanangkan dan menggerakkan seluruh kader dan masyarakat di kawasan terdampak deliniasi IKN melalui program unggulan untuk sambut IKN," tandasnya.

Lebih lanjut, sekretaris Nahdlatul Wathan Provinsi Kaltim tersebut memberikan perspektifnya tentang kesiapan masyarakat lokal dalam menyambut IKN Nusantara.

Hanya saja, kesiapan ini tidak bisa dilakukan sendiri, perlu ada peran aktif semua stakeholder yang ada termasuk pemerintah pusat maupun daerah.

"Idealnya Pemkab Kukar harus mempersiapkan program unggulan dalam rencana pembangunan daerahnya dari sekarang," tuturnya.

Sementara itu, kesiapan menyambut kehadiran pembangunan IKN justru sudah dilakukan internal PKS Kukar, bahkan jauh hari telah dilakukan program pembinaan unggulan bagi kader dan masyarakat, khususnya di Kecamatan yang berdampak secara langsung IKN yaitu Samboja dan Muara Jawa.

Baca juga : Cukai Naik, Pakar Ingatkan Persaingan Usaha

Mengingat kondisi persaingan ke depan pasti ada, maka cepat atau lambat, progres IKN ini harus diantisipasi oleh masyarakat Kabupaten Kukar.

"Sehingga tentunya harus disiapkan SDM-nya dalam menghadapi dampak pembangunan IKN ke depan," tambah Zainuddin.

Selanjutnya, ia juga memberikan penekanan bahwa semangat pembangunan IKN bukan hanya milik pemerintah pusat, semangat pembangunan IKN harus merata dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, karena kepindahan IKN merupakan kepentingan bersama, khususnya untuk pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Tengah.

"Kami merasa yakin bahwa IKN Nusantara saat ini bukan lagi hanya menjadi kunjungan destinasi wisata lokal dan nasional, bahkan akan menjadi daya tarik minat investor asing atau Internasional, mengingat keberadaan ibu kota megara baru tentu akan menjadi kawasan bisnis dan banyak dikunjungi berbagai orang," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.