Dark/Light Mode

Akselerasi Transisi Energi

PGE Tuntaskan Proyek PLTP Binary Organic Rankine Cycle di Sulawesi Utara

Jumat, 9 Desember 2022 19:18 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Binary Organic Rankine Cycle 500 kW, PGE Area Lahendong di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. (Dok. PGE)
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Binary Organic Rankine Cycle 500 kW, PGE Area Lahendong di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. (Dok. PGE)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) kembali menunjukan komitmen nyata pengembangan energi bersih panas bumi dengan dituntaskannya project EPCC (Engineering Procurement Construction & Commissioning) Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Binary Organic Rankine Cycle 500 kW, PGE Area Lahendong di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Hal ini ditandai berhasilnya proses commissioning, PLTP Binary Organic Rankine Cycle 500 kW di lokasi PGE Area Lahendong dinyatakan laik operasi, tepat pada pukul 20:00 WITA, Kamis (8/12/2022).

Manager PGE Area Lahendong Ahmad Yani, berhasilnya proyek commissioning PLTP Binary Organic Rankine Cycyle merupakan bukti dukungan penuh Pertamina dalam akselerasi transisi energi untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) dan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Baca juga : Menteri ESDM: Jangan Sampai Negara Boncos

Hal ini merupakan langkah nyata PGE dalam mendukung target pemerintah yang tengah berupaya mengurangi emisi menuju NZE pada 2060.

“Kami berupaya mencapai target NZE yang menargetkan pengurangan emisi sebesar 314 juta ton CO2e pada 2030 dan 1.526 juta ton CO2e pada 30 tahun kemudian," kata Ahmad Yani, Jumat (9/12/2022).

PLTP Binary Organic Rankine Cycle (ORC Power Plant) merupakan pembangkit listrik yang menggunakan fluida organik sebagai penggerak turbin-generator dimana fluida dipanaskan dengan memanfaatkan energi dari fluida panas bumi yang sebelumnya belum terutilisasi.

Baca juga : Sinergi dengan Pemprov, PLN Tambah 2 SPKLU Fast Charging di Sulawesi Selatan

Proyek ini dimulai pada 2021 dengan skema Quick Win untuk mencapai Fast Delivery Project.

Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto, menjelaskan keberhasilan proyek ini merupakan perwujudan kompetensi dan semangat juang seluruh Perwira PGE dalam pengelolaan pengembangan energi geothermal.

"Ini dipersembahkan sebagai kado ulang tahun Pertamina dan PGE," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.