Dark/Light Mode

Dukung Lingkungan Bersih, Alpha Gemilang Luncurkan Kardus Eco Friendly

Sabtu, 10 Desember 2022 09:29 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Alpha Gemilang Makmur meluncurkan kardus eco-friendly, ALVAboard yang dapat di daur ulang, food grade, dan tahan air. Terbuat dari bahan daur ulang, kardus eco-friendly ALVAboard dapat digunakan kembali sebagai tempat penyimpanan barang di rumah.

CEO PT Alpha Gemilang Makmur Alden Lukman menjelaskan tren e-commerce meningkat 30-40 persen setiap tahunnya di Indonesia, setidaknya ada 6 juta paket perhari.

Kondisi ini diperparah dengan pemakaian kardus konvensional yang membutuhkan banyak lapisan plastik pembungkus sekali pakai di bagian luarnya untuk menjaga keamanan paket, yang akan berdampak besar pada pemanasan global.

Baca juga : Sinar Mas Salurkan Bantuan Kemanusiaan

"Penggunaan kardus eco-friendly ALVAboard ini dapat menjadi alternatif pengganti kardus konvensional, yang diyakini dapat mengurangi sampah paket. Tanpa harus menggunakan pembungkus berlapis, karakteristik kardus eco-friendly ALVAboard yang sudah tahan air dan anti sobek sudah dapat digunakan sebagai kemasan yang aman," jelas Alden dalam siaran tertulisnya, Jumat (9/12).

Alden mengatakan, pengelolaan sampah di Indonesia hingga saat ini masih menjadi permasalahan krusial. Penanganan sampah membutuhkan kolaborasi multisektor agar dapat terimplementasi dengan baik.

Kolaborasi multisektor dalam menangani permasalahan sampah di Indonesia tentunya dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dari sektor lingkungan.

Baca juga : Alumni Trisakti Dukung Pembangunan IKN Nusantara

"Kardus eco friendly ini bisa menjadi pilihan bagi para pelaku usaha untuk mengirimkan produk makanan frozen food, makanan hangat dan dingin dalam kondisi segar," ujar Alden.

Dengan sertifikasi Food Grade dari FDA yang sudah dimiliki, makanan pun aman dikonsumsi meski sebelumnya telah bersentuhan langsung dengan ALVAboard.

Penggunaan di rumah tangga pun biasanya menggunakan produk ini sebagai tempat penyimpanan di gudang.

Baca juga : Gandeng Messi, Aice Group Luncurkan Dua Varian Es Krim Terbaru

"Diharapkan penerapan penggunaan kardus eco-friendly ALVAboard ini sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar ikut andil dalam menjaga keberlangsungan lingkungan yang lebih baik," pungkas Alden. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.