Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wujudkan Bangunan Ramah Lingkungan

Alumni Trisakti Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Kamis, 24 November 2022 12:22 WIB
Seminar Peran Alumni Perguruan Tinggi pada Implementasi Bangunan Gedung Hijau dalam Mendukung Pembangunan IKN, yang diselenggarakan IKA Trisakti, di Jakarta, Rabu (23/11). (Foto: IKA Trisakti)
Seminar Peran Alumni Perguruan Tinggi pada Implementasi Bangunan Gedung Hijau dalam Mendukung Pembangunan IKN, yang diselenggarakan IKA Trisakti, di Jakarta, Rabu (23/11). (Foto: IKA Trisakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 500 orang alumni dan mahasiswa Universitas Trisakti dari berbagai Fakultas, Pascasarjana, Sekolah Tinggi, dan Institut, berkumpul dalam Seminar Nasional Alumni dalam rangka Dies Natalis ke-57 Universitas Trisakti, di Auditorium Kampus A Universitas, Trisakti Jakarta, Rabu (23/11). Dalam momen ini, para alumni Trisakti menyatakan komitmen mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Seminar ini mengangkat tema “Peran Alumni Perguruan Tinggi pada Implementasi Bangunan Gedung Hijau dalam Mendukung Pembangunan IKN”. Seminar ini dihadiri Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga yang mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara daring.

Baca juga : LSI Denny JA: Dukungan Jokowi Tak Menentukan Pemenang Capres-cawapres

Dalam pemaparannya, Danis Hidayat Sumadilaga menyampaikan, pembangunan IKN Nusantara akan sepenuhnya menerapkan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH). Bangunan tersebut akan menjadi bangunan ramah lingkungan dengan prinsip konservasi energi, air, dan pengendalian sampah serta limbah.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Trisakti yang juga Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Silmy Karim, Rektor Universitas Trisakti Prof Kadarsah Suryadi, Ketua Bidang Partnership IKA Trisakti Zulfikar Dachlan, beserta jajaran pimpinan Universitas dan Fakultas dalam lingkup Universitas Trisakti.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Dorong Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pesantren

Hadir sebagai pembicara Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan (BTPP) Dian Irawati, Tenaga Pengajar BGH Rana Yusuf Nasir, Praktisi Bangunan Gedung Jimmy Juwana, Perwakilan Alumni yang juga praktisi Arsitek Lanskap Anggia Murni, dan moderator Atma Winata Nawawi.

Dalam sambutannya, Silmy Karim menyampaikan tentang dukungannya pada program Bangunan Gedung Hijau dan juga produk hijau (green products) bagi industri yang dapat meningkatkan benefit bagi penghematan energi dan konservasi sumber daya alam.

Baca juga : Pedagang Pasar Beringharjo Kompak Dukung Ganjar Pranowo Di Kota Yogyakarta

Sementara, Dian Irawati menyampaikan target Indonesia untuk mencapai net zero emission pada 2060 melalui berbagai kebijakan pembinaan dan pelatihan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan profesional dalam bidang jasa konstruksi. Dia mengatakan, aturan ini menjadi kewajiban bagi Bangunan Baru Gedung Negara dengan luasan tertentu.

Acara berlangsung lancar dengan banyaknya peserta yang menanggapi isu ini melalui pertanyaan, masukan, dan saran. Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan penyusunan kerangka kerja sama antara IKA Trisakti dengan Kementerian PUPR untuk melakukan upskill dan training dalam membina alumni perguruan tinggi untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli Bangunan Gedung Hijau.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.