Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lingkungan Butuh Perhatian Orang Kuat

Senin, 14 November 2022 06:40 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana Presiden Jokowi akan aktif di bidang lingkungan setelah pensiun nanti patut diapresiasi. Sebab, kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar kita sudah sangat parah. Dibutuhkan kepedulian banyak pihak untuk memperbaikinya. Terutama dari nama-nama besar, yang bisa menjadi teladan dan contoh bagi masyarakat.

Saat ini, isu lingkungan sedang hangat dibahas. Apalagi, dampak dari kerusakan lingkungan dan pemanasan global sudah sangat terasa. Ancaman krisis pangan dan kekeringan akibat perubahan iklim sudah di depan mata.

Baca juga : Pentas Perang Dipertontonkan Elite

Sudah banyak tokoh yang berbicara mengenai ini. Mimbar-mimbar diskusi mengenai kerusakan lingkungan dan perubahan iklim sudah dilakukan di mana-mana. Mulai dari dunia kampus, dunia usaha, sampai ke forum-forum pimpinan dunia. Namun, tidak banyak tokoh yang benar-benar terjun dan concern untuk memperbaiki kerusakan iklim yang terjadi.

Hal ini wajar, karena memperbaiki lingkungan bukanlah hal yang menguntungkan secara instan. Bahkan, bisa dikatakan, usaha memperbaiki lingkungan justru banyak memakan biaya. Modalnya besar, dan untungnya belum terlihat. Orang yang peduli lingkungan, siap-siap saja harus merogoh kantong dalam-dalam, dan meluangkan waktu yang lebih banyak.

Baca juga : Teka-teki Capres Jokowi

Namun, jika tidak ada yang mau memperbaiki, kerugiannya akan menimpa semua orang. Suhu di sekitar kita akan semakin panas, pencemaran udara akan semakin tinggi, air akan semakin kotor dan sulit didapat, secara tanah akan semakin tandus.

Untuk itu, diperlukan orang-orang yang mau mewakafkan waktu, tenaga, dan juga uangnya, demi usaha memperbaiki lingkungan. Sambil tentunya juga terus mendorong negara dan dunia usaha meningkatkan peran dalam upaya menjaga lingkungan.

Baca juga : Capres Musra Mau Diapakan?

Sebagai Presiden dua periode, Jokowi tentu sudah paham betul isu lingkungan dan cara untuk memperbaikinya. Sebagai Presiden dua periode, Jokowi juga tentu punya sumber daya yang besar untuk melakukan perbaikan itu.

Kita berharap, rencana Jokowi aktif di bidang lingkungan benar-benar bisa terlaksana dengan baik. Kita juga berharap, dengan turun tangannya Jokowi, akan ada banyak tokoh lain yang mau terlibat. Sehingga segala kerusakan lingkungan yang selama ini terjadi bisa diperbaiki. Aamiin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.