Dark/Light Mode

Kinerja Positif, Kepuasan Publik Terhadap Erick Thohir Meningkat

Senin, 12 Desember 2022 13:57 WIB
Erick Thohir. (Foto: Ist)
Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei nasional Poltracking Indonesia pada periode 21-27 November 2022 menempatkan nama Menteri BUMN Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik dengan tingkat kepuasan masyarakat mencapai 59,4 persen.

Tercatat dalam temuan survei tersebut, publik sangat puas dengan kinerja yang ditunjukkan Erick Thohir selama tiga tahun memimpin Kementerian BUMN.

M enanggapi hal tersebut, Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah menyampaikan, kepemimpinan Erick Thohir sudah banyak menimbulkan kebermanfaatan.

Baca juga : Terbuka Dikritik, Erick Thohir Dinilai Publik Menteri Terbaik

Lebih dari itu, juga ikut mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu tidak heran, mantan bos Inter Milan ini mendapat banyak penilaian positif dari masyarakat. Lantaran kinerjanya dinilai sangat memuaskan masyarakat.

"Pandangan objektif saya, kinerja Pak Erick Thohir sebagai Menteri BUMN cukup memuaskan," ungkap Piter.

Lebih jauh dia menilai bahwa Erick Thohir telah sukses menghadirkan transformasi BUMN yang banyak diharapkan oleh berbagai kalangan.

Baca juga : Kinerja Kinclong, Kepuasan Publik Terhadap Erick Thohir Meroket

Kondisi demikian turut membuat neraca keuangan BUMN menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Di bawah komando Erick Thohir, BUMN saat ini berhasil memperoleh kenaikan laba signifikan.

Pada 2021 laba BUMN berhasil menyentuh angka Rp 124,7 triliun naik 838,2 persen dibandingkan 2020 Rp 13,3 triliun.

Sementara itu, jika melihat secara konsolidasi, pendapatan BUMN di tahun 2021 juga mengalami proses kenaikan yang signifikan. Naik menjadi Rp 2.292,5 triliun, atau tumbuh 18,8 persen dibandingkan tahun 2020.

Baca juga : Belajar Diplomasi Publik Dari Surat-Menyurat Nabi

Maka dari itu, dirinya menilai Erick Thohir telah berhasil mengambil kebijakan yang semakin membuat BUMN konsisten produktif. Kehadirannya bahkan menjadikan kian mempercepat pemulihan ekonomi di masyarakat.

"Programnya merampingkan BUMN sekaligus meningkatkan kinerja BUMN cukup berhasil," pungkas Piter. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.