Dark/Light Mode

LPEI Kolaborasi BRI Dorong Pertumbuhan Ekspor Lewat Produk Asuransi

Senin, 12 Desember 2022 20:46 WIB
Foto: Dok. LPEI
Foto: Dok. LPEI

RM.id  Rakyat Merdeka - Strategi dalam meningkatkan pertumbuhan ekspor nasional terus dilakukan Indonesia Eximbank/ Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Salah satunya. LPEI aktif membangun kerja sama produk asuransi khususnya dalam bentuk pemberian Asuransi Proteksi Piutang Dagang/Trade Credit Insurance (TCI).

Baca juga : Sabet IHYA 2022, Dexa Group Dukung Pertumbuhan Industri Halal

Kerja sama ini dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh LPEI dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terkait Asuransi Proteksi Piutang Dagang.

Kerja sama ini, menjadi salah satu bentuk upaya LPEI untuk melaksanakan satu dari empat mandat utamanya. Yakni asuransi sekaligus mengukuhkan komitmen dalam rangka meningkatkan kerja sama kedua institusi guna mendukung ekspor.

Baca juga : Buka Jambore Nasional IMI 2022, Bamsoet Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani kedua belah pihak pada 13 April 2022 lalu, tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Jasa Perbankan sebagai payung untuk berbagai peluang kerja sama dalam layanan perbankan pendukung ekspor.

Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin U Norhadi mengatakan, fasilitas asuransi ekspor yang disediakan oleh LPEI dalam bentuk Trade Credit Insurance diharapkan dapat mendukung BRI melakukan ekspansi kredit secara optimal.

Baca juga : Kolaborasi RHJ dan Ajinomoto, Dukung Ketahanan Ternak di Karawang

“Dengan risiko yang lebih termitigasi dan proteksi terhadap cash flow pelaku usahaekspor terhadap gagal bayar buyer luar negeri sehingga pelaku usaha ekspor akan lebih terlindungi,” ucapnya di Jakarta, Senin (12/12).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.