Dark/Light Mode

LPEI Kolaborasi BRI Dorong Pertumbuhan Ekspor Lewat Produk Asuransi

Senin, 12 Desember 2022 20:46 WIB
Foto: Dok. LPEI
Foto: Dok. LPEI

 Sebelumnya 
Melalui kerja sama ini disepakati bahwa, BRI akan menggunakan produk Asuransi Proteksi Piutang Dagang LPEI dalam rangka melakukan mitigasi risiko kerugian yang mungkin timbul dari kegagalan bayar oleh buyer atas Piutang Dagang milik nasabah BRI.

“Di samping itu, produk asuransi ekspor LPEI juga dimaksudkan untuk menambah kenyamanan BRI dalam memberikan fasilitas Account Receivable Financing kepada nasabahnya,” jelas Maqin.

Baca juga : Sabet IHYA 2022, Dexa Group Dukung Pertumbuhan Industri Halal

Sementara itu, LPEI akan memberikan ganti rugi kepada Bank BRI sampai dengan 90 persen apabila buyer tidak melakukan pembayaran kepada nasabah BRI disebabkan oleh risiko komersial maupun risiko politik.

Dukungan asuransi ekspor LPEI ini dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan confidence level nasabah/eksportir dan perbankan, khususnya dalam melakukan penetrasi kepada negara tujuan dan buyer tertentu.

Baca juga : Buka Jambore Nasional IMI 2022, Bamsoet Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Maqin melanjutkan, komitmen kedua institusi untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam hal penyediaan layanan dan fasilitas yang saling melengkapi diharapkan dapat memfasilitasi nasabah LPEI dan BRI di seluruh Indonesia, mendorong terciptanya para pelaku usaha berorientasi ekspor yang makin berdaya saing, dengan usaha yang berkelanjutan dan dapat mendukung penguatan ekonomi nasional.

“Kami berharap ke depannya peluang kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan dan kami siap untuk menggali potensi kerja sama lainnya bersama BRI,” kata Maqin.

Baca juga : Kolaborasi RHJ dan Ajinomoto, Dukung Ketahanan Ternak di Karawang

Di kesempatan yang sama, Director Institutional & Wholesale Business BRI Agus Noorsanto menuturkan, kerja sama dengan LPEI merupakan salah satu wujud komitmen Bank BRI dalam mendukung transaksi pelaku ekspor khususnya UMKM.

“Dengan pengalaman BRI dan LPEI di industri jasa keuangan, kolaborasi yang kami lakukan merupakan wujud dukungan kami untuk mendorong pelaku UMKM agar tetap resilient dan dapat mengembangkan bisnisnya melalui kegiatan ekspor,” pungkas Agus. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.