Dark/Light Mode

Warga Kelas Menengah Bosan Kena Macet

KA Cepat Jakarta-Bandung Jadi Andalan Komuter Baru

Kamis, 15 Desember 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
“Kalau harga (tiket) segitu, untuk kelas menengah atas bagaimana kira-kira? Pilih mana dia?” tanya Arya. Arya juga yakin, KCJB akan berkontribusi pada pengembangan ekonomi di wilayah yang dilaluinya seperti Tegalluar di Kabupaten Bandung.

“Coba saja lihat, daerah-daerah yang dimasuki atau dilalui kereta, pasti terjadi perubahan, ada peningkatan ekonomi, properti-properti juga terus berkembang,” yakinnya.

Bila kedua wilayah ini menjadi koridor komuter, sambung Arya, sempat ada kekhawatiran KA Argo Parahyangan yang selama ini menjadi andalan perjalanan Jakarta-Bandung akan terdampak operasional KCJB.

Baca juga : Wuih, Lagu Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ternyata Ngehits Sampai Ke China

Lantaran waktu tempuh dan layanan akan menjadi pertimbangan konsumen. Maklum, waktu tempuh KA Argo Parahyangan, 3 hingga 4 jam untuk sekali perjalanan.

Namun begitu, Arya menegaskan, kereta api dengan harga ekonomis akan tetap beroperasi. Ditegaskannya, beroperasi atau tidaknya KA Argo Parahyangan merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Izin (operasional) kan ada di Menhub. Nanti orang-orang juga akan bandingkan. Yang satu, tiket Argo Parahyangan eksekutif Rp 150.000 sampai Rp 170.000, itu pun tiket selalu habis, tiga jam baru sampai. Yang KCJB, satu jam sampai. Tapi untuk KA ekonomi tetap ada,” katanya.

Baca juga : Uji Coba Lancar, KAI Targetkan Kereta Cepat Jakarta Bandung Meluncur Juni 2023

Ia berharap, beroperasinya KCJB juga akan menciptakan ekosistem kereta barang di wilayah Jawa Barat. Sebab, saat ini angkutan kereta barang di Pulau Jawa belum maksimal. Namun, tidak berarti KA Argo Parahyangan akan langsung disulap menjadi kereta barang.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir turut menanggapi isu bakal dihentikannya KA Argo Parahyangan pasca beroperasinya KCJB. Menurutnya, ada opsi KA tersebut bisa menjadi kereta barang.

Namun Erick menegaskan, status KA Argo Parahyangan ada di tangan Kemenhub.

Baca juga : Jokowi & Jinping Sama-sama Happy

Hanya saja, Erick ingin pengembangan ekosistem logistik di Jawa Barat terus didorong. Salah satu opsinya dengan menjadikan KA Argo Parahyangan sebagai KA barang atau kargo.

“Kereta kan bisa juga jadi kereta barang. Indonesia, nggak punya yang namanya kereta barang. Nah, untuk penumpang bisa dengan kereta cepat. Nanti lihat sinkronisasi dengan Kementerian Perhubungan seperti apa,” bebernya, di Gedung DPR, Selasa (6/12).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.