Dark/Light Mode

Wuih, Lagu Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ternyata Ngehits Sampai Ke China

Jumat, 18 November 2022 20:00 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Foto: Dok. KAI)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lagu rap kereta cepat Jakarta-Bandung yang dinyanyikan rapper Akbar Fernando, ternyata ngehits sampai ke China.

Apalagi, lagu ini ternyata tak hanya dilatari oleh kehadiran kereta cepat, tetapi juga interaksi dan persahabatan antara rakyat Indonesia dan China, yang terjalin sejak kedatangan pelaut China Laksamana Cheng Ho ke bumi Nusantara pada zaman dahulu kala.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning bahkan menyebut lagu rap ini, dalam pengarahan pers reguler di Beijing.

Baca juga : Uji Coba Lancar, KAI Targetkan Kereta Cepat Jakarta Bandung Meluncur Juni 2023

 

"Baru-baru ini, ada lagu rap tentang kereta cepat Jakarta-Bandung, sangat hits di Indonesia," ucapnya di Beijing, seperti dikutip ANTARA, Kamis (17/11). 

Menurutnya, hal itu menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia, menantikan proyek tersebut rampung.

Baca juga : Jokowi & Jinping Sama-sama Happy

"Kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan proyek unggulan kerja sama China-Indonesia, dalam kerangka Belt and Road," kata Mao.

China merasa bangga terhadap Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang uji operasionalnya disaksikan langsung melalui video streaming oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping di sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali, Rabu (16/11).

"Ini proyek kereta api cepat pertama yang sistem rel, teknologi, dan komponennya dari China di luar negeri. Ini juga kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara," ucap Mao.

Baca juga : Cek Di Sini, 9 Fakta Uji Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kereta cepat dapat mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Bandung, dari tiga jam menjadi hanya sekitar 40 menit.

"Keberadaannya diharapkan dapat membantu perekonomian lokal, pembangunan sosial, dan meningkatkan konektivitas kawasan," pungkas Mao. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.