Dark/Light Mode

Lagi, TASPEN Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Dari KIP

Kamis, 15 Desember 2022 10:00 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (kedua kanan) menyerahkan penghargaan Badan Publik Informatif tahun 2022 kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko TASPEN.Diyantini Soesilowati (tengah) di Tangerang, Rabu (14/12). (Foto: Humas TASPEN)
Menko Polhukam Mahfud MD (kedua kanan) menyerahkan penghargaan Badan Publik Informatif tahun 2022 kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko TASPEN.Diyantini Soesilowati (tengah) di Tangerang, Rabu (14/12). (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT TASPEN (Persero) berkomitmen menerapkan prinsip keterbukaan informasi dalam setiap operasional bisnis. Demi memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta dan stakeholders terkait.

Atas komitmen tersebut, PT TASPEN kembali meraih Penghargaan Badan Publik Informatif tahun 2022 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP), dengan total poin 98.53.

 

 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko TASPEN, Diyantini Soesilowati di Tangerang, Rabu (14/12) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : UIN Bandung Raih Prestasi Sebagai Lembaga Publik Informatif 2022

Ini merupakan kali ketiga PT TASPEN mendapat Penghargaan Badan Publik Informatif, dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir.

TASPEN dan badan publik lain yang meraih titel Badan Publik Informatif, wajib memenuhi beberapa kualifikasi penilaian dari KIP. Antara lain sarana prasana, kualitas informasi, dan jenis informasi.

Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen TASPEN, yang selama ini telah memberikan pelayanan informasi yang transparan, sebagai bentuk implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dengan baik.

Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari monitoring dan evaluasi dari Komisi Informasi Pusat tahun 2022 kepada seluruh Badan Publik.

"Ini merupakan cara KIP memajukan keterbukaan informasi publik di seluruh instansi, serta perwujudan clear governance. Anugerah ini tak semata-mata menjadi kompetisi, tetapi juga sebagai upaya KIP untuk menjadikan badan publik menjadi lebih terbuka dan informatif untuk masyarakat," papar Donny.

Baca juga : Kemenkumham Masuk 3 Terbaik Badan Publik Informatif Kategori Kementerian

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik merupakan penghargaan yang diberikan kepada badan publik. Seperti Perguruan Tinggi Negeri, BUMN, Pemerintah Provinsi, lembaga negara, dan lembaga pemerintah non kementerian, lembaga struktural, kementerian, serta partai politik.

Tahun ini, terdapat 122 badan publik dari tujuh kategori yang masuk dalam kategori informatif. Jumlah tersebut melampaui target awal KIP, yang hanya 98 Badan Publik.

Tentang PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah BUMN Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.

Baca juga : Pupuk Indonesia Utilitas Raih Penghargaan Indonesian Quality Award 2022

PT TASPEN (Persero) memiliki beberapa produk dan layanan, seperti Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Program Pensiun.

PT TASPEN (Persero) saat ini merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia, yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta, dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, atau kunjungi situs resmi www.taspen.co.id, tcare.taspen.co.id, dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.