Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cuma TASPEN PESONA, BUMN Yang Sabet Penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik

Selasa, 6 Desember 2022 17:06 WIB
Dirut TASPEN ANS Kosasih menerima penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik dari Kemenpan RB, Selasa (6/12). (Foto: Humas TASPEN)
Dirut TASPEN ANS Kosasih menerima penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik dari Kemenpan RB, Selasa (6/12). (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau PT TASPEN (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui inovasi layanan TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan Dengan Pelayanan Bebas Corona), yang memudahkan peserta mendapatkan pelayanan optimal selama masa pandemi Covid-19. Dengan memanfaatkan teknologi digital.

Atas upaya tersebut, TASPEN PESONA berhasil mendapatkan penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik dalam Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

 

Dirut TASPEN ANS Kosasih (kiri) menerima penghargaan Top 45 Inovasi Layanan Publik dari Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (6/12). (Foto: Humas TASPEN)

 

Penghargaan diserahkan oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas kepada Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (6/12).

Baca juga : TRAS N CO Beri Penghargaan Kepada Berbagai Pimpinan Perusahaan

Terkait hal ini, Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih mengaku bangga, karena BUMN yang dipimpinnya menerima penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik dari KEMENPAN-RB.

Sebagai BUMN, TASPEN selalu berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi peserta dan masyarakat melalui beragam inovasi. Salah satunya, TASPEN PESONA, yang membawa TASPEN menjadi satu-satunya BUMN yang berhasil mendapatkan penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik pada tahun ini.

"Untuk itu, kami berterima kasih kepada seluruh insan TASPEN, yang bekerja keras dan menghasilkan kinerja optimal dalam implementasi inovasi. Kami berharap, penghargaan ini dapat menjadi pemantik, agar TASPEN dapat menghadirkan inovasi lainnya. Demi meningkatkan kemudahan peserta mendapatkan layanan," ujar Kosasih dalam keterangannya, Selasa (6/12).

Gelaran penganugerahan bertema Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi Menuju Birokrasi Berkelas Dunia ini merupakan hasil kolaborasi antara Deputi Bidang Pelayanan Publik dengan Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan KEMENPAN-RB.

Kegiatan diselenggarakan sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Presiden No. 81 Tahun 2020 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Publik Prima dan Pemerintahan Berkelas Dunia.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menuturkan, kegiatan penganugerahan ini adalah upaya.mendorong percepatan reformasi birokrasi dan pelayanan publik di Indonesia.

Baca juga : Chandra Asri Sabet Penghargaan Tertinggi SNI Award 2022 

"Harapan kami, penghargaan ini dapat direplikasi oleh sejumlah daerah. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, birokrasi diharapkan dapat lebih berdampak, lebih lincah, dan lebih cepat," tutur Azwar Anas.

Dalam Program TASPEN PESONA, secara dinamis TASPEN telah menghadirkan layanan berbasis digital, antara lain layanan E-Klim, Taspen Care (T-Care), dan Taspen Otentikasi yang dapat diakses hanya melalui smartphone.

Di tahun ini, layanan E-KLIM kembali dikembangkan melalui TASPEN One Hour Online Services (TOOS) sebagai aplikasi layanan TASPEN untuk kemudahan peserta yang terintegrasi.

TASPEN akan senantiasa mengikuti perkembangan teknologi dalam menghadirkan inovasi layanan yang lebih andal.

Tentang PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia, yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Baca juga : Terus Bertransformasi, BNI Borong 3 Penghargaan Dari LPS

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial. Khususnya, bagi ASN di Indonesia.

PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Selama masa pandemi, PT TASPEN tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital, yaitu layanan TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, TCare, dan Taspen Otentikasi.

Peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim atau mengajukan pertanyaan dan keluhan.

Sebagai kanal informasi, dapat menghubungi Call Center 1500919, atau kunjungi official website www.taspen.co.id, dan tcare.taspen.co.id. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.