Dark/Light Mode

Di Acara Estafet Peduli Bumi Asuransi Astra, Garda Oto Gelar Uji Emisi

Kamis, 15 Desember 2022 23:13 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Asuransi Astra kembali melakukan upaya menekan tingkat polusi udara untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Upaya itu dilakukan melalui kegiatan Estafet Peduli Bumi dengan kegiatan uji emisi bersama Garda Oto yang bekerja sama dengan Bengkel Auto 2000 di Graha Asuransi Astra, TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Acara tersebut diikuti lebih dari 400 mobil yang terdiri dari para pelanggan setia Garda Oto, komunitas, media hingga masyarakat umum.

Operation Director Asuransi Astra Hendry Yoga mengatakan, kegiatan Estafet Peduli Bumi dilakukan dengan menggelar uji emisi. Ini adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dengan mengurangi tingkat polusi udara Indonesia khususnya di wilayah Ibu Kota Jakarta.

"Uji emisi ini dilakukan untuk mengetahui kinerja dan kualitas hingga memonitor efisiensi pembakaran mesin kendaraan bermotor," kata Hendry dalam keterangan persnya saat meninjau lokasi uji emisi, dikutip Kamis (15/12).

Baca juga : Damai Putra Peduli Berikan Edukasi Digital Kepada PKK dan UMKM

Dia menyebut, kegiatan ini penting dilaksanakan. Soalnya memiliki dampak nyata terhadap kualitas udara dan kesehatan masyarakat. Faktanya, tingkat polusi udara di Jakarta pada tahun 2022 perlu diwaspadai.

Berdasarkan data Reatime Air Quality Index (AQI), pada awal Desember 2022, konsentrasi PM2.5 di udara Jakarta tercatat 4,8 kali dari nilai pedoman standar kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun telah menargetkan penurunan 41 persen polutan berbahaya partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron atau PM2,5 pada 2030.

"Dalam uji emisi, kendaraan roda empat yang wajib melakukan pengujan adalah mobil yang telah beroperasional di atas tiga tahun," katanya.

Baca juga : TC Di Yogyakarta, Pesut Etam Siap Gelar Laga Uji Coba

Pada uji emisi yang diselenggarakan oleh Asuransi Astra, para teknisi uji emisi dari Bengkel Auto 2000 telah secara resmi terdaftar dan mumpuni untuk melakukan pengujian. Kendaraan bermotor akan diukur melalui beberapa unsur senyawa.

Seperti, kadar Karbon Monoksida (CO), Karbondioksida (CO2), Oksigen (021, dan Hidrokarbon (HC) dari gas buang yang dihasilkan oleh proses pembakaran kendaraan yang tidak sempurna.

Nantinya, hasil uji emisi akan menunjukkan kondisi dan kelayakan kendaraan bermotor yang dimiliki melalui syarat dan ketentuan emisi.

Selain mengurangi dampak pencemaran udara dari sisa gas buang kendaraan bermotor, dengan berhasil lulus uji emisi sama juga dengan melindungi diri sendiri sebagai pengendara dan para pengendara lainnya di jalan raya dengan mengetahui bahwa kendaraan dalam kondisi prima dan layak untuk digunakan.

Baca juga : Paramount Petals Resmi Luncurkan Klaster Ketiga Gardenia

Perlu diingat, adapun perbedaan kriteria dari kelulusan uji emisi ini bergantung dari beberapa faktor. Seperti tahun pembuatan mobil, bahan bakar yang digunakan, hingga bobot kendaraan (khusus untuk bahan bakar diesel).

"Seperti kata pepatah bahwa apa yang kita tanam, maka itulah yang akan kita tuai. Dengan bergerak melalui perwujudan aksi sosial ini dari sekarang kami percaya dapat memberikan manfaat baik untuk generasi mendatang," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.