Dark/Light Mode

Peran BRIsat Jaga Layanan BRI Tetap Lancar

Rabu, 7 Agustus 2019 21:26 WIB
Indra Utoyo (Foto: Istimewa)
Indra Utoyo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberadaan satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau biasa disebut BRIsat, kian dirasakan manfaatnya pada saat terjadi gangguan listrik pada akhir pekan lalu. Dengan dukungan BRIsat, Bank BRI mampu menjaga layanan operasional perbankan berjalan dengan lancar.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo mengungkapkan, BRIsat berperan vital dalam memastikan setiap jaringan kantor dan ATM BRI tetap terhubung ke data center BRI.

Baca juga : Rachel Amanda Lakukan Ini Saat Gempa di Lantai 7

“Dengan jaringan komunikasi yang tidak terputus, maka BRI tidak terganggu dalam memberikan layanan kepada para nasabahnya,” ujar Indra dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (7/8).

Untuk mitigasi risiko disisi jaringan komunikasi secara jangka panjang, Bank BRI akan melakukan diversity untuk BRIsat yang akan dilaksanakan di tahun 2020 bersama dengan operator satelit dan telekomunikasi lainnya.

Baca juga : Ini Jurus BRI Jaga Layanan Perbankan Tetap Normal

BRIsat diluncurkan pada 18 Juni 2016 lalu di Guyana Perancis dan menjadikan Bank BRI sebagai bank pertama dan satu satunya di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit sendiri. Proses pembuatan BRIsat sendiri memakan waktu 25 bulan. Perakitan satelit dilakukan Space Systems/Loral di Palo Alto-California. Sedangkan kendaraan peluncurnya menggunakan Arianespace 5 buatan Perancis.

“Sejalan dengan perkembangan bisnis BRI dan kebutuhan jaringan yang meningkat, pada akhir tahun 2023 BRI berencana meluncurkan satelit HTS (High Throughput Satellite) untuk menambah kapasitas jaringan komunikasi melalui anak perusahaan BRI,” pungkas Indra. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.