Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Usaha Mikro Binaan, PLN Peduli Genjot Promosi Kopi Literasi TBM Rutinitas

Selasa, 20 Desember 2022 10:16 WIB
Foto: Isrimewa
Foto: Isrimewa

 Sebelumnya 
Ia menjelaskan, salah satu ide kreatif yang telah dilakukan TBM Rutinitas untuk meningkatkan semangat membaca masyarakat, adalah dengan meluncurkan usaha keliling yang disebut Kopi Literasi.

Sebelumnya, di pertengahan tahun 2021, TBM Rutinitas resmi diluncurkan. Selain mendapatkan dukungan dari PLN, mereka juga mendapatkan apresiasi positif dari Pemerintah Tangerang Selatan maupun Komunitas Taman Bacaan Masyarakat Gemar Membaca (MAGMA).

Tak hanya berjualan kopi, TBM Rutinitas juga membawa serta buku-buku koleksinya, agar pembeli yang datang bisa menikmati kopi sambil membaca.

“Ini salah satu contoh inovasi yang beda dan akan menarik perhatian masyarakat,” ujar Padudung.

Baca juga : Dukung Pariwisata Pontianak, TIK Gelar Edukasi Literasi Digital

Ia berharap, dengan adanya bantuan ini, keberlangsungan usaha Kopi Literasi kian positif, didukung dengan strategi pemasaran yang baik.

Sehingga, masyarakat kian mengetahui produk ini. Tidak hanya itu, penggunaan moda transportasi kendaraan listrik ini akan mendukung kampanye penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat, sesuai tujuan dari usaha Kopi Literasi untuk meningkatkan minat literasi masyarakat dan membantu kami untuk mengkampanyekan penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan, melalui kendaraan listrik,” imbuhnya.

Pelaksana usaha kopi literasi, Suharta, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan selama dua tahun ini.

Baca juga : Pengamat Dorong Elite Parpol Deklarasi Tolak Politisasi SARA

Sejauh ini, pihaknya telah mengikuti berbagai acara dengan berpartisipasi sebagai merchant dalam menjual produknya. Termasuk, pada event hari pahlawan lalu, ia telah berhasil menjual kurang lebih tiga puluh cup kopi.

"Saat menjual kopi, beberapa customer juga sangat antusias menanyakan konsep kopi ini. Bahkan, sebagian juga membaca buku-buku yang kami display di moda transportasinya. Terima kasih PLN, atas dukungan yang diberikan hingga kami bisa survive melalui program UMK ini,” ucap Suharta.

Menurutnya, di era teknologi informasi ini, telah menurunkan minat membaca masyarakat. Karenanya, tahun lalu pihaknya me-launching Kopi Literasi demi meningkatkan semangat masyarakat, untuk menambah wawasan dengan membaca.

"Kali ini, kami ingin mengenalkan lebih dalam kepada masyarakat dari produk Kopi Literasi ini pada berbagai event yang ada di wilayah Tangerang Selatan,” terang Suharta.

Baca juga : Dukung Pemajuan Kekayaan Intelektual Guna Pemulihan Ekonomi Nasional

Ia berharap, nantinya obrolan warung kopi tidak sekedar pembicaraan kosong. Namun, diisi dengan membaca buku atau kegiatan positif lainnya.

Di samping itu, ia juga ikut serta mengkampanyekan penggunaan energi bersih, melalui moda listrik yang telah diberikan PLN.

“Selain menjaga agar generasi kita tetap tumbuh baik dengan literasi, bersama PLN kita juga ajak masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dengan menggunakan kendaraan listrik, yang saat ini sepertinya menjadi trend," pungkas Suharta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.