Dark/Light Mode

Ringankan Korban Gempa Cianjur, Kalbe Terus Salurin Bantuan

Selasa, 20 Desember 2022 23:11 WIB
Pemberian bantuan Kalbe. (Foto: Ist)
Pemberian bantuan Kalbe. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) tanggap bencana Cianjur, Jawa Barat terus memberikan bantuan kepada korban gempa. 

Terakhir, anak perusahaan Kalbe, yakni Kalbe Morinaga Indonesia bersama prinsipalnya yakni Morinaga Milk Industries Japan memberikan bantuan susu Morinaga Chil*Go Liquid untuk anak-anak usia satu tahun ke atas. Kalbe yang sejak hari pertama terjadinya gempa 21 November 2022 lalu telah membuat posko bantuan gempa Cianjur dengan menggandeng beberapa partner.

“Dalam melakukan tanggap bencana, memberi bantuan pada korban gempa, Kalbe berkolaborasi dengan beberapa pihak, yaitu IPSM (Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) yang merupakan organisasi di bawah bimbingan Kementerian Sosial, LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah 3, Wahid Institute, Klinik Suasana Sehat, Puskes TNI, GP Farmasi, dan pemerintah daerah setempat,” ujar Manajer Sustainability PT Kalbe Farma Tbk, Abi Nisaka, Selasa (20/12).

Abi menambahkan, anak perusahaan Kalbe yang terlibat adalah PT Bintang Toedjoe, PT Hexpharm Jaya, PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals), dan PT Saka Farma Laboratories (Kalbe Consumer Helath). 

Baca juga : Bantu Korban Gempa Cianjur, KMI Kerahkan Tim Psikososial

Morinaga Milk Industries Japan melalui produk Morinaga khususnya produk untuk anak usia satu tahun ke atas memberikan bantuan 716 box atau 25 ribuan botol susu Chil*Go untuk membantu nutrisi anak-anak korban gempa.

“Morinaga Milk Industries Japan memberikan kepercayaan kepada Kalbe Nutritionals untuk menyalurkan donasinya dan bergabung dengan posko bantuan Kalbe di Cianjur,” kata Region Sales Promotion Head Kalbe Nutritionals Jawa Barat, Ridwanul Hakim.

Donasi diberikan dalam bentuk nutrisi kesehatan (obat dan vitamin) untuk menaikkan imunitas maupun menjaga kesehatan para korban. Donasi tersebut berupa produk Kalbe, yakni Entrasol, Milna, Prenagen, HiC1000, Hevit-C, Bejo Sujamer, Bejo Jahe Merah, Femmy Trimune, susu siap minum Chil*Go, Prove D3, Hydro Coco, Fitbar, Zee, Diabetasol, hingga obat generik biru Hexpharm Jaya.

Donasi kerja sama Kalbe Group tersebut didistribusikan ke sejumlah lokasi di Kabupaten Cianjur. Di antaranya, Desa Mangunkerta, Cibeureum, Sawah Gede, serta sekolah-sekolah yang membutuhkan susu anak sesuai dengan target umur produk Chil*Go liquid.

Baca juga : Sinergikan Sains dan Ilmu Titen, Ganjar Buat Jateng Makin Tangguh Bencana

“Tidak lupa Kalbe bersama LLDIKTI Wilayah 3 Jakarta membuka akses layanan kesehatan,” kata Abi lagi.

Terkait layanan kesehatan, Ketua Harian REDI (Relawan LLDIKTI) Wilayah 3, Simon Gultom, menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Kalbe untuk melengkapi tim medis, termasuk bantuan penanganan kondisi psikososial. Ada dokter umum, dokter spesialis ortopedi, dokter spesialis saraf, maupun perawat, dari universitas swasta di Jakarta.

“Terima kasih kepada PT Kalbe Farma Tbk dan Morinaga. Ini akan sangat membantu sekali untuk anak-anak di Kabupaten Cianjur,” ucap perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Silvia Megawati.

Selain itu, pada posko gabungan Kalbe dengan REDI dan IPSM turut dibangun dapur umum untuk menyediakan makan pagi hingga malam untuk korban sekitar posko. Kalbe juga menggerakkan truk tangki air bersih bekerja sama dengan PMI, untuk membantu menyediakan air bersih kepada korban gempa Cianjur.

Baca juga : DPRD Kota Bogor Salurkan Bantuan Melalui PWI dan Gerakan Anak Negeri

Sebelumnya, gempa bumi berskala 5,6 SR mengguncang sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bandung, hingga Jakarta. Area Kabupaten Cianjur pun paling berdampak. Akibat gempa tersebut, sekitar 56.480 unit rumah mengalami kerusakan, serta lebih dari 600 orang meninggal dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.