Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng SPEAK Indonesia

Pindo Deli Karawang Bantu Akses Air Bersih Dan Sanitasi Desa Kutamekar

Kamis, 22 Desember 2022 19:01 WIB
Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang bersama dengan SPEAK Indonesia deklarasi Desa Kutamekar bebas BAB. (Foto: Ist)
Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang bersama dengan SPEAK Indonesia deklarasi Desa Kutamekar bebas BAB. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang bersama dengan SPEAK Indonesia dan warga Desa Kutamekar, mendeklarasikan Desa Kutamekar sebagai desa stop buang air besar sembarangan (Open Defecation Free/ODF).

Deklarasi ini didahului dengan verifikasi 100 persen bahwa masyarakat Desa Kutamekar telah bebas dari BAB sembarangan oleh Kecamatan Ciampel dan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas.

Dukungan ini merupakan bagian dari wujud tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung pemerintah, sekaligus berkontribusi pada kemajuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) no 6, yakni akses air bersih dan sanitasi.

Baca juga : Persebaya Vs Persis, Duel Dua Pesakitan

"Kolaborasi antara pihak swasta, pemerintah, LSM dan partisipasi aktif masyarakat merupakan faktor kunci keberhasilan meningkatnya kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan air bersih, sanitasi dan kesadaran masyarakat agar menggunakan sarana sanitasi yang layak," ungkap Head of Sustainability Compliance APP Sinar Mas, Sera Noviany, Kamis (22/12).

Sera menjelaskan, dukungan ini juga sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030, yakni APP Sinar Mas bersama mitra-mitra pemasoknya memberikan dampak positif bagi para pemangku kepentingan di seluruh bisnis dan rantai pasok APP Sinar Mas, termasuk masyarakat di sekitar wilayah operasional kami. Hal ini juga merupakan perwujudan komitmen CEO Water Mandate-United Nation (PBB).

Program penyediaan air bersih dan sanitasi di desa Kutamekar telah dimulai pada Agustus 2021 lalu. Terdiri dari berbagai program dalam lingkup STBM (Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat), meliputi sarana air bersih, penyediaan jamban untuk keluarga dan tempat umum, edukasi ke masyarakat, serta membangun kapasitas di tengah masyarakat.

Baca juga : Bekuk Persis Solo, Maung Bandung Tembus 5 Besar

Selama dalam kurun waktu 1,5 tahun SPEAK Indonesia sebagai mitra APP Sinar Mas dan PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang telah melaksanakan kegiatan bersama pemerintah Desa Kutamekar serta dukungan dari berbagai pihak. Hasil program pemberdayaan masyarakat tersebut telah terbangun 2 sarana air bersih di Kp. Gintung dan Kp. Cigempol. 

Selain itu, dari hasil pemicuan STBM telah berdampak pada kesadaran masyarakat untuk membangun dan memperbaiki sarana jamban sehat, serta memberikan stimulan sanitasi jamban sehat berserta septic tank 38 unit yang tersebar di Kp. Mekarmukti, Kp. Sumur Kopo, Kp. Cirinjing dan Kp. Cigempol khususnya kepada keluarga yang tidak mampu. 

Direktur SPEAK Indonesia, Wiwit Heris menegaskan, kerja keras bersama dengan semangat kolaborasi sejak awal dengan masyarakat, Tim STBM Kutamekar, dukungan Kepala Desa serta mitra swasta PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang - APP Sinar Mas, menjadi kunci keberhasilan dan keberlanjutan program. Dengan air bersih dan sanitasi aman, keluarga lebih sehat dan bermartabat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.