Dark/Light Mode

PNM-Fatayat NU Jalin Kerja Sama, Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Sabtu, 24 Desember 2022 20:00 WIB
Penandatangan kerja sama antara PNM dengan Fatayat NU. (Foto: Dok. PNM)
Penandatangan kerja sama antara PNM dengan Fatayat NU. (Foto: Dok. PNM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus mendorong pemberdayaan UMKM serta ekonomi kaum perempuan. Yang terbaru, PNM menjalin kerja sama dengan Fatayat NU, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (23/12).

Fatayat NU memiliki peran strategis sebagai organisasi perempuan yang mendorong perempuan untuk memiliki daya saing dan kompetensi yang cukup. Kerja sama yang dilakukan PNM dengan Fatayat NU ini diharapkan dapat menjadi wadah edukasi serta meningkatkan pengembangan ekonomi perempuan khususnya dalam UMKM PNM Mekaar, serta berpengaruh pada masyarakat sekitar.

Baca juga : Kemensos Ajak Masyarakat Tingkatkan Persatuan Dan Gotong Royong

“Kerja sama ini merupakan wadah pengembangan ekonomi perempuan maupuan pemahaman terkait peningkatan kapasitas usaha. Di antaranya edukasi, yang diharapkan mampu memberikan pemahaman dalam cerdas mengelola usaha khususnya pada perempuan sebagai sebuah kekuatan yang besar untuk meningkatkan usaha, khususnya pada usaha kecil menengah, baik yang ada di dalam Fatayat NU maupun sekitarnya,” ucap Direktur Operasional PT PNM Sunar Basuki, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (24/12).

Program kerja sama yang bertemakan “Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dalam Peningkatan Kapasitas Usaha UMKM” ini memiliki program pengembangan marketing digital UMKM, capacity building, inovasi pengembangan produk UMKM, on boarding UMKM go export, hilirisasi produk UMKM oleh Fatayat NU, strategi marketing dalam meningkatkan penjualan serta memfasilitasi legalitas UMKM.

Baca juga : Masukkan Poin Perbaikan Nasib Ekonomi Perempuan, G20 EMPOWER Diapresiasi

Penandatangan MoU ini dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama K.H. Yahya Cholil Staquf, Pembina PP Fatayat NU Rustini Murtadho, Direktur Operasional PNM Sunar Basuki, dan Sekretaris Perusahaan PNM L Dodot Patria Ary.

Hingga 30 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 164,66 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,61 juta. Saat ini PNM memiliki 4.213 kantor layanan PNM Mekaar dan 642 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.642 kecamatan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.