Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sampah Kota Menjadi Bahan Bakar Padat Alternatif

Kamis, 5 Januari 2023 17:46 WIB
Proses pengolahan sampah dengan metode drying untuk produksi bahan bakar padat alternatif (Foto: Refuse-Derived Fuel)
Proses pengolahan sampah dengan metode drying untuk produksi bahan bakar padat alternatif (Foto: Refuse-Derived Fuel)

Dalam kehidupan sehari-hari, masalah sampah adalah masalah yang tidak akan habis. Karena selama manusia masih hidup mereka akan selalu menghasilkan sampah. Sampah merupakan bahan yang terbuang dari hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang tidak memiliki nilai ekonomi lagi, bahkan dapat menimbulkan dampak yang negatif. Selama ini sampah perkotaan merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang sangat berat dan memerlukan penanganan serius.

Sampah dalam setiap tahun jumlahnya akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhun penduduk yang semakin tinggi. Hal ini menjadi permasalahan yang cukup serius dan perlu dicari jalan keluarnya supaya jumlah sampah yang ada dapat terkurangi hingga tidak mencemari lingkungan dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Di era modern ini, masih banyak manusia yang menyepelekan sampah untuk lingkungan dan kesehatan sehingga perlu pengolahan sampah yang serius untuk menanggulangi membludaknya sampah tanpa pengolahan.

Pembahasan

Pengolahan sampah adalah suatu proses pemanfaatan sampah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu lingkungan supaya tidak tercemar dari sampah atau sisa bahan dari aktivitas manusia. Kondisi sampah disetiap kota yang selalu menjadi permasalahan seakan menuntut kita untuk berperan dalam pengolahannya hal ini yang selalu menggugah kita untuk bangkit dan mengolah sampah yang telah mencemari tanah subur negara kita yaitu Indonesia.

Baca juga : Sharp Akan Menghadirkan Teknologi Terbaru Pada Pameran CES 2023 di Amerika

Pengolahan sampah dapat dilakukan dengan beberapa metode yang telah dikembangkan diantaranya sanitary landfill, incineration, gasification, drying dan anaerobic digestion. Salah satu cara yang dipandang prospektif untuk pengolahan sampah perkotaan adalah pengolahan sampah kota menjadi RDF (Refuse-Derived Fuel), yaitu mengolah sampah menjadi bahan bakar padat alternatif. Pada pengolahan sampah jenis ini ditujukan untuk mengolah sampah kota yang masih menjadi tumpukan dan belum termanfaatkan. Pengolahan sampah menjadi RDF dapat dilakukan dengan lebih mudah dan minim biaya yaitu dengan metode drying.

Metode drying dalam pengolahan sampah di Indonesia dapat dialakukan dengan metode pengeringan matahari dengan pengembangan-pengembangan alat pengering matahari seperti greenhouse drying. Pengolahan sampah dengan metode drying ditujukan untuk mengeringkan sampah yang mana akan digunakan sebagai bahan produksi RDF.

Gendebien menjelaskan, proses pengolahan sampah kota menjadi RDF dengan metode drying dilakukan melalui beberapa tahap yaitu pemilahan sampah langsung dari sumbernya, pemisahan sampah sesuai dengan jenisnya, pencacahan sampah, pengeringan (drying), pembungkusan dan penyimpanan sampah kering atau RDF (Darojat, 2017).

Bahan bakar padat alternatif RDF dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti batu bara yang jumlahnya tidak dapat diperbarui. Pengolahan sampah menjadi RDF ini dapat dilakukan untuk mengolah sampah dengan skala kecil hingga skala besar. Penggunaan bahan bakar RDF sebagai pengganti batu bara dapat mengurangi karbondioksida (CO2) yang merupakan sumber energi panas global (Mustia, 2019).

Baca juga : Rupiah Kembali Dihantam Dolar Pagi Ini

Pengolahan sampah kota apabila dilakukan dengan baik maka akan memberikan dampak yang positif bagi perekonomian, lingkungan dan kesehatan. Dampak positif perekonomian dari pengolahan sampah kota yaitu akan tumbuh usaha baru bagi masyarakat sekitar sebagai pengepul barang bekas yang dapat didaur ulang dan bisa menjadi jasa angkut angkut sampah.

Dampak positif lingkungan dari pengolahan sampah kota yaitu akan meningkatkan kebersihan lingkungan dan terhindar dari pencemaran sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup menjadi lingkungan yang lebih sehat. Kesehatan lingkungan menjadi suatu prioritas utama untuk kehidupan yang tidak dapat diabaikan sehingga pengolahan sampah harus berjalan terus menerus hingga jangka panjang guna mencapai lingkungan hidup yang sehat tanpa pencemaran.

Dampak positif kesehatan dari pengolahan sampah kota yaitu akan memberikan daya tahan tubuh yang lebih baik karena lingkungan yang sehat dan dapat mencegah penyakit menular. Dengan adanya pengolahan sampah saya berharap akan ada kesadaran bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan  dan dapat memilah jenis sampah guna mempercepat pengolahannya.

Kesimpulan

Baca juga : NasDem Bakal Panen Simpati

Dari hasil pembahasan pengolahan sampah diatas dapat disimpulkan bahwa sampah kota dapat diolah menjadi bahan bakar padat alternatif RDF. Pengolahan sampah kota menjadi RDF juga disebut sebagai salah satu cara   pengolahan sampah yang efektif untuk dikembangkan dengan metode drying sinar matahari. Pengolahan sampah ini juga memiliki pengaruh yang sangat baik bagi lingkungan hidup, ekonomi dan kesehatan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.