Dark/Light Mode

Boy Thohir: Kita Bisa Belajar Banyak Dari Qatar

Rabu, 21 Desember 2022 09:16 WIB
Boy Thohir: Kita Bisa Belajar Banyak Dari Qatar

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha nasional Garibaldi Thohir punya catatan tersendiri, tentang penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Menurutnya, event sepakbola akbar empat tahunan tersebut berjalan sukses.

"Meski menghadapi banyak tekanan, Qatar mampu menghadirkan event itu sebagai sportaintment. Indonesia bisa belajar banyak dari Qatar,"  tutur pengusaha yang juga akrab disapa Boy Thohir di Doha, awal pekan ini.

Baca juga : Flu Unta, Penyakit Yang Bikin Inggris Pelototi Warganya Yang Balik Dari Qatar

Sebelum acara berlangsung, memang bersliweran isu miring tentang Qatar, sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Isu yang cukup menonjol adalah soal minuman keras dan kampanye LGBT.

Dunia Barat menilai, Qatar tidak akomodatif terhadap kedua hal tersebut.

Baca juga : Anies Minta Ditunjukkan Salahnya Di Mana

Namun, negara kaya minyak itu berhasil menjawab tekanan tersebut, dengan menggelar seluruh rangkaian Piala Dunia 2022 secara rapi.

"Kita lihat di pertandingan final kemarin, semua penonton tertib. Tidak ada kerusuhan. Meski di beberapa hotel bintang lima, tersedia minuman keras bagi warga asing," tutur Boy.

Sukses ini harus dijadikan cermin bagi Indonesia, yang akan menggelar Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Baca juga : Moeldoko: Penggunaan Beras Impor Akan Diawasi Ketat

"Meski dana yang disiapkan tidak sebesar anggaran Piala Dunia 2022 di Qatar, tapi kita bisa mencontoh kesuksesannya," ujar dia.

Satu poin yang ditekankan Boy adalah soal kemampuan Qatar untuk mempertahankan nilai-nilai budayanya sebagai negara Islam yang terbuka, namun konservatif, dalam perhelatan akbar tersebut.

"Untuk itu, Qatar tidak mau ditekan oleh negara-negara lain. Ini penting untuk bisa dipelajari oleh Indonesia," tandas Boy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.