Dark/Light Mode

Jaga Ekosistem Kelautan, IDSurvey Gelar Program Transplantasi Terumbu Karang Di Banten

Kamis, 29 Desember 2022 12:09 WIB
Foto: Dok. IDSurvey
Foto: Dok. IDSurvey

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati setahun peresmian IDSurvey, atau Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Jasa Survei, diadakan serangkaian acara yang tak hanya terkait dengan bisnis, melainkan juga peduli pada lingkungan. Salah-satunya, mendukung program Transplantasi Terumbu Karang, di Pantai Carita, Banten, pada Senin (12/12).

Sekretaris Perusahaan PT Biro KIasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI Misbahudin Aidy mengatakan, entitas anggota IDSurvey, selain BKI, yaitu PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia turut berperan aktif dalam rangkaian acara bertema “Collaborate to Innovate”.

“IDSurvey mengapresiasi, berbagai pihak yang telah konsisten melakukan upaya rehabilitasi terumbu karang, yang bertujuan untuk memperluas tutupan permukaan karang dalam waktu singkat. Sehingga, terumbu karang yang rusak bisa sehat kembali,” ujarnya, dalam keterangan resminya, Kamis (29/12).

Baca juga : Pasca Gempa Cianjur, Kampus IPMI Gelar Program Manajemen

Menurut Aidy, upaya transplantasi terumbu karang ini penting karena keberadaan terumbu karang bisa mempengaruhi kondisi laut hingga pesisir.

“Apabila terumbu karang ini rusak, maka bisa mengurangi populasi ikan bahkan menghilangkan dan hal ini berdampak pada pendapatan masyarakat di pesisir,” terangnya.

Untuk itu, agar tujuan transplantasi karang tercapai, maka pemilihan metode terumbu karang harus tepat. Sehingga, perlu kolaborasi dengan pihak yang memiliki spesialisasi tersebut.

Baca juga : Rayakan Kedamaian, Pemprov DKI Gelar Rangkaian Acara Natal Di Jakarta

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Pandeglang Neneng Nuraeni mengapresiasi, kinerja IDSurvey yang berupaya dalam melakukan transplantasi di terumbu karang Banten ini.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap bisa menjaga habitat dan ekosistem laut. Bahkan, kegiatan ini perlu dilakukan secara berkelanjutan karena memberi manfaat bagi masyarakat sekitar dan lingkungan,” tuturnya.

Ia menuturkan, masyarakat sekitar Pantai Carita juga berterima kasih terhadap bantuan IDSurvey ini. Sehingga, masyarakat yang bergantung hidupnya pada ekosistem laut, tidak perlu khawatir dengan sumber daya terumbu karang dan hanya akan fokus pada optimalisasi desa wisata saja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.