Dark/Light Mode

Batfest 2022, Cara Jhonlin Group Berbagi Dengan Masyarakat

Senin, 2 Januari 2023 11:27 WIB
H Islam, pemilik Jholin Group bersama Presiden Jokowi. (Foto : ist)
H Islam, pemilik Jholin Group bersama Presiden Jokowi. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesta kembang api Batulicin Festival (Batfest) 2022 yang memecahkan rekor MURI tidak hanya menjadi pertunjukan spektakuler bagi 70 ribu masyarakat yang menjejali Jhonlin Pantai Festival.

Ini juga bertepatan dengan hari jadi ke-46 bagi Haji Andi Syamsuddin Andi Arsyad atau H Islam, pemilik Jhonlin Group yang kini menaungi sekitar 60 perusahaan.

Baca juga : Bamsoet: Musyawarah Provinsi IMI Berhasil Diselesaikan Sesuai Batas Waktu

Acara ini juga melibatkan sekitar 500 PKL dan UMKM yang disediakan tenda-tenda khusus secara gratis agar dapat berjualan dan ikut menangguk rejeki dari ratusan ribu orang yang berdatangan dan menonton secara gratis pula, selama lima hari perhelatan sejak Selasa (27/12/2022) hingga Sabtu (31/12/2022).

“Haji Isam sosok yang sangat dermawan. Jiwa penolongnya kuat sekali. Setiap tahun ia mengumrahkan dan menghajikan banyak orang. Sudah ribuan jumlahnya.” kata mantan Menpan RB yang juga mantan Wakapolri Komjen Polisi (Purn) Syafruddin Kambo dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/1).

Baca juga : Jumat Curhat, Kapolda Fadil Dengarkan Langsung Masukan Masyarakat

Sebelumnya pada akhir tahun 2022 saja, Jhonlin Group memberangkatkan umrah secara gratis  870 warga Tanah Bumbu. H Islam juga mendirikan ‘Haji Isam Foundation’ yang mengelola program zakat, infak, sedekah (ZIS), wakaf dan ‘charity’ lainnya secara profesional untuk menjangkau berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga bantuan-bantuan ke berbagai masjid, pesantren dan rumah tahfidz. 

“Tahun lalu, zakat beliau di luar infak dan sedekah, mencapai Rp250 miliar,” kata pengelola Haji Isam Foundation.

Baca juga : Batfest 2022, Pengunjung Serbu Paket Minyak Murah PT Jhonlin Agro Raya

Meski telah dikenal sebagai crazy rich asal Batulicin Kalsel, faktanya Andi Syamsuddin Arsyad muda memulai bisnis dari bawah, dari nol karena sempat menjadi tukang ojek dan operator alat berat. 

"Meski sukses berbisnis, Haji Isam dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan sederhana. Dalam keseharian, penampilannya jauh dari kesan glamor. Sering bepergian dengan hanya memakai kaos oblong, celana jeans dan sepatu ‘sneakers’, atau bahkan kadang-kadang cukup bersandal," tambah Syafruddin Kambo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.