Dark/Light Mode

Ikuti Tren Ngopi, Sarinah Gelar Event Nubruk Kopi Nusantara

Minggu, 11 Agustus 2019 05:27 WIB
Direktur Ritel Bisnis PT Sarinah (Persero), Lies Permana Lestari (di tengah, bercelana jeans) bersama perwakilan pelaku bisnis, pemerhati, penikmat kopi dan peserta dari segala kalangan strata/usia di Gedung Sarinah,  Jakarta Pusat Sabtu (10/8).
Direktur Ritel Bisnis PT Sarinah (Persero), Lies Permana Lestari (di tengah, bercelana jeans) bersama perwakilan pelaku bisnis, pemerhati, penikmat kopi dan peserta dari segala kalangan strata/usia di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat Sabtu (10/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tren kopi terus berkembang mulai dari kelompok tua hingga generasi milenial. Kondisi ini mendorong PT Sarinah untuk menggelar event Nubruk Kopi Nusantara (NukoNus).

Direktur Ritel Bisnis PT Sarinah (Persero), Lies Permana Lestari menilai event seputar kopi yang diselenggarakan sesuai arah bisnis Sarinah, dimana perusahaan tak hanya menarik minat generasi tua tapi juga gencar menarik kelompok muda, milenial khususnya.

"Di event ini kami melibatkan pelaku bisnis, pemerhati, dan penikmat kopi dari segala kalangan strata/usia. Di acara ini juga menampilkan sajian atraksi yang menarik, dimana saat ini tren bisnis kopi sangat diminati dari segala ragam kalangan dan usia di Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya," kata dia di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu, (10/8).

NukoNus merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) RI ke 74 sekaligus HUT Sarinah ke 57 yang juga jatuh pada 17 Agustus nanti.

Event ini menerapkan pola to see-do-buy yang mencakup aktivitas talkshow, workshop dan trade activity. Ditambahkan, pada event ini juga disajikan info/data berkaitan dengan asal usul dari kopi beras yang diolah menjadi ragam olahan kopi seduh, yang tentunya erat kaitannya dengan sosial serta kultur budaya dari daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia.

Baca juga : Gandeng Nusantara Kreatif, Sarinah Gelar Nubruk Kopi Nusantara

"Dalam acara ini tak hanya talkshow tapi juga ada cara bagaimana penyeduhan sajian Kopi Indonesia. Seperti yang sering dikenal dengan kopi tubruk, yaitu cara menyajikan seduhan kopi olahan khas Indonesia yang paling sering dipergunakan dalam memberikan penilaian jujur terhadap rasa kopi," tuturnya.

Dalam acara NukoNus, pihaknya juga memperlihatkan keahlian salah satu keluarga pebisnis kopi. Seperti memperlihatkan sosok Barista dan kasir yang masih berusia belasan tahun yang sudah tekun menjalankan bisnisnya.

Perlu diketahui, dalam acara tersebut juga dipaparkan bahwa tubruk atau menyeduh biji kopi tersangrai secara langsung merupakan cara yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Selain terlihat mudah, cepat, juga tentunya praktis. Selain itu, metode kopi tubruk ini juga merupakan cara terbaik merasakan keaslian cita rasa kopi yang diseduh.

"Kami juga akan merangkul new comers menjadi semacam satu lembaga atau yayasan yang terdiri dari komunitas yang concern di kopi, komunitas pecinta kopi, mitra kami dan sebagainya. Sebenarnya dalam bulan Agustus ini kami memang ada program aktivasi di upper ground toko kami yang sudah direjuvenate. Jadi setiap Sabtu Minggu ada event di sini, dan akan kami review juga untuk jumat ada event. Ya tentu harapannya ada dampak dari sisi bisnis retail kami," kata dia.

Baca juga : Takut Tekanan China, Warga Hong Kong Kabur Ke Australia

Ditambahkan, event Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus) juga menghadirkan teknik penyajian seduhan kopi kekinian (cold brew, cappuccino, latte, dll) sesuai selera penikmat kopi (coffee as you like).

Kopi Indonesia termasuk dalam kategori “ The best coffee comes from the best growing climate known as : the bean belt”.

Daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia terbentang dari Sumatera sampai dengan Papua yang masing-masing daerah, penghasil komoditi kopi memiliki kekhasan dari kualitas kopi beras (greenbean coffee).

"Ada Kopi Aceh, Toraja, Bali, Mandailing, dan Kopi Nusantara lainnya," tambah dia.

Even Nubruk Kopi Nusantara (NukoNus) ini diharapkan memiliki efek beruntun berkelanjutan/ sustainable multiplier effect sehingga keberadaan PT Sarinah (Persero) dapat menjadi, pertama, sarana promosi dan pemasaran ragam komoditi kopi olahan dari pelaku industri kopi dari seluruh daerah sentra kopi di Indonesia.

Baca juga : Ini Cara KKP Kurangi Sampah Plastik di Laut

Kedua, forum berbagi ilmu dalam tata kelola dan tips penyajian ragam komoditi kopi olahan dari pelaku industri kopi, yang bahan baku kopi beras/greenbean coffee tersangrai berasal dari daerah sentra komoditi kopi di Indonesia.

Terakhir, database collection dari peralatan kopi, pelaku dibidang industri kopi di Indonesia/nusantara (petani kopi, penikmat kopi, master roastery, barista, q grader, coffee equipment mfg, dll).

"Ini merupakan upaya untuk mewujudkan visi Indonesia SDM Unggul, Indonesia Maju dari Pt Sarinah (Persero) guna mendukung percepatan prioritas pengembangan SDM dari usia dini dan membuka jejaring dalam mengakses kesempatan bekerja dan modal kerja," katanya.

Selain event untuk meramaikan HUT RI dan HUT Sarinah, selama bulan Agustus, perusahaan juga menyelenggarakan diskon beragam produk di ritelnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.