Dark/Light Mode

74 Tahun Tanpa Listrik

8 Desa Di Kabupaten Yapen Papua, Akhirnya Bisa Terang Berkat PLN

Minggu, 11 Agustus 2019 16:44 WIB
74 Tahun Tanpa Listrik 8 Desa Di Kabupaten Yapen Papua, Akhirnya Bisa Terang Berkat PLN

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang HUT ke 74 Republik Indonesia, PT PLN Persero meresmikan 8 (delapan) desa baru berlistrik di Kabupaten Kepulauan Yapen. Desa-desa tersebut adalah desa Kurudu, Kayupuri, Andesaria, Manusundu, Manukwar, Kirimbi, Mansesi dan Doreamini.

Kegiatan ini merupakan bagian rencana program Listrik Desa Tahun 2019 dari PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B).

General Manager PLN IUWP2B, J. A. Ari Dartomo mengatakan, untuk menjangkau desa tersebut, diperlukan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan laut dari Serui menggunakan speedboat ini.

Baca juga : Dua Tahun Jadi Tersangka, Emirsyah Satar dan Penyuapnya Akhirnya Ditahan

Untuk mengalirkan listrik ke delapan desa di Kepulauan Yapen, PLN menginvestasikan 2 unit pembangkit bertenaga diesel dengan kapasitas masing-masing 100 kVA dan 50 kVA.

 "Ini merupakan komitmen PLN untuk menerangi seluruh pulau di wilayah Papua dan Papua Barat," ujar Ari dalam rilis yang diterima Rakyat Merdeka, co. Minggu (11/8/2019).

Disebutkan, sementara untuk saat ini potensi pelanggan di delapan desa tersebut mencapai 341 pelanggan. Tahap awal PLN akan melayani 6 jam nyala setiap harinya. Jam nyala tersebut nantinya akan bertambah menyesuaikan kebutuhan serta kapasitas pembangkit.

Baca juga : Warga Diminta Tidak Panik

"Terima kasih sebesar-sebesarnya kepada PLN Papua dan Papua Barat atas kerja kerasnya sehingga listrik di sini (Kurudu) sudah bisa menyala", ungkap Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar.

Delapan desa baru ini menambah jumlah desa berlistrik untuk tahun 2019 menjadi 160 dari total target 340 desa. PLN terus berupaya agar masyarakat di desa-desa lain yang belum menikmati listrik dapat secepatnya telistriki.

 "Semoga hal ini dapat menjadi hadiah yang indah untuk masyarakat Kepulauan Yapen," tutur Bupati Tonny. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.