Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat UMKM Apresiasi Perhatian Presiden Ke Startup Dan UMKM Di Indonesia

Selasa, 24 Januari 2023 15:58 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo alias Jokowi terus memberikan perhatian serius kepada para pelaku usaha Startup di tanah air. Perhatian Presiden ini bisa dilihat lewat program-program pemerintah dan juga mengendorse produk-produk lokal milik para pelaku usaha Startup.

Pengamat UMKM Hermawati Setyorinny mengatakan, Presiden Jokowi selama ini sudah memberikan perhatian serius kepada Startup yang kemudian membantu pelaku UMKM, khususnya e-commerce yang terus menjamur untuk memasarkan produk mereka di platform digital.

“Bagi pelaku usaha khususnya UMKM berkembangnya pengusaha starup sangat membantu UMKM, khususnya e-commerce yang menjamur sehingga menjadikan peluang UMKM bisa memasarkan produk produknya semakin besar,” kata Hermawati kepada wartawan, Selasa (24/1).

Sikap Presiden yang selalu mengendorse produk-produk lokal ini menjadi pelecut semangat para pelaku usaha.

Baca juga : PERTASPI Siap Membantu Bisnis Tata Rias Semi Permanen di Indonesia

Kebiasaan ini, kata Hermawati sejalan dengan kebijakan Presiden tentang penggunaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk membeli produk dalam negeri.

“Ya tentunya itu sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo tentang penggunaan anggaran belanja untuk membeli produk dalam negeri, produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi melalui e-katalog,” ucapnya.

Lewat perhatian ini, kehadiran Startup mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Keberhasilan ini, kata ketua umum Asosiasi IUMKM Indonesia itu bisa dilihat selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, perusahan-perusahan Startup tetap berjalan seperti biasa dan menjadi pondasi pembangkitan ekonomi bangsa.

“Benar, ini terbukti Perusahaan startup sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia selama pandemi covid-19. Perusahaan Startup lah yang dapat bertahan dan mendorong ekonomi Indonesia disaat banyak sektor ekonomi lain yang gugur,” ujarnya.

Baca juga : Olahraga Membangun Pertukaran Antara Jepang dan Indonesia

“Terutama Perusahaan startup sektor e-commerce yang justru meningkat pesat dan berkontribusi dalam membantu pelaku usaha, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk bertahan, bangkit, dan tumbuh selama pandemi,” tambahnya.

Hermawati juga menyinggung soal program pemerintah yang selama ini mendukung perkembangan Startup di Indonesia, yakni program Merah Putih Fund.

Menurut dia, program Merah Putih Fund ini sangat mendukung dan memberikan peluang usaha bagi setiap anak bangsa, terutama generasi milenial yang mau membuka usaha dengan diberikan modal. 

"Sangat mendukung dengan adanya program Merah Putih Fund, platform pendanaan yang bermanfaat memberikan peluang bantuan modal kepada perusahaan rintisan yang dimiliki oleh anak-anak Indonesia, generasi millennial. Dengan berkembangnya startup dibarengi para konsumen Indonesia yang sudah mulai melek digital dan berbagai usaha mencari produk serta layanan inovatif," tutur Hermawati. 

Baca juga : Bersih-bersih Dari Korupsi, Presiden Vietnam Nguyen Xuan Mundur

Hermawati pun meminta Pemerintah juga memberikan perhatian lain seperti pendampingan kepada anak-anak muda yang baru merintis usaha mereka.

Hal ini agar modal yang dikucurkan oleh pemerintah tidak sia-sia, dan peluang membuka lapangan kerja terus ada.

“Berharap kepada pemerintah, selain pendanaan para pengusaha startup juga diberikan pendampingan hingga penjaminan. Juga tetap dalam pengawasan pemerintah supaya tidak ada hal-hal yang memberatkan kemitraan antara pengusaha startup dengan UMKM yang bisa berdampak kepada daya beli masyarakat nantinya,” tutupnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.