Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menkop: Tiru Prancis, Koperasi Karyawan Harus Masuk Ekosistem Industri Manufaktur

Rabu, 25 Januari 2023 15:28 WIB
Menkop Teten Masduki (tengah atas) dalam kunjungan kerja ke Kopkar Adis Dimension Footwear, Balaraja, Tangerang, Banten, Rabu (25/1). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop Teten Masduki (tengah atas) dalam kunjungan kerja ke Kopkar Adis Dimension Footwear, Balaraja, Tangerang, Banten, Rabu (25/1). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Sementara untuk pengembangan produk-produknya yang ada di supermarket Kopkar Adis, Menteri Teten menyebut, hal itu dihubungkan dengan koperasi-koperasi produsen yang ada. Misalnya, dengan koperasi holtikultura (Ciwidey, Bandung), koperasi beras (Semarang), koperasi petani pisang cavendish, dan sebagainya.

“Kami mendorong AdisMart membuka banyak toko di sekitar pabrik. "Dan konsumennya, bisa menjadi anggota toko yang terkoneksi secara online," ujar Teten.

Yang pasti sambungnya, bila memiliki Kopkar seperti Adis, perusahaan akan banyak mendapat manfaat. Di mana, semua kebutuhan (konsumsi) karyawan sehari-hari bisa dipenuhi Kopkar dengan harga jauh lebih murah. Bahkan, Kopkar punya dukungan pembiayaan untuk karyawan (anggota) yang sifatnya mendesak, seperti biaya sekolah anak, renovasi rumah, dan lainnya.

Baca juga : RI-Timor Leste Seriusi Rencana Bangun Joint Industrial Park

"Mereka tidak akan lagi terjebak rentenir. Ini sudah menjadi ekosistem bagi kesejahteraan karyawan," kata Teten.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kopkar Adis Dimension Footwear Maryono mengatakan koperasinya memiliki Future Plan yang siap diwujudkan, untuk lebih menyejahterakan anggota. Di antaranya, menyiapkan Pujasera di lokasi perusahaan, membangun aplikasi e-commerce bagi produk-produk dari anggota Kopkar, dan siap melayani delivery order setiap pembelian (belanja) di Kopkar Adis.

"Future Plan lainnya adalah membuka jaringan AdisMart di luar perusahaan," ucap Maryono.

Baca juga : Kemenkop UKM Dukung Pembentukan Koperasi Disabilitas Pertama Di Indonesia

Ia menambahkan, dengan jumlah anggota aktif sebanyak 9.693 orang, Kopkar Adis sudah menerapkan integrasi sistem online dalam melayani anggota (My Siskop Adis). Saat ini Kopkar Adis memiliki aset sebesar Rp 78,67 miliar dengan omzet Rp 97,12 miliar pada 2022.

Sementara itu, Chairman PT Adis Dimension Footwear Harijanto mengatakan, Kopkar Adis yang sudah berusia 30 tahun lebih memiliki perjalanan panjang berliku sebelum menjelma seperti sekarang.

"Pernah bangkrut karena salah urus. Tapi, kemudian, kita kelola koperasi dengan benar dan profesional hingga menjadi seperti sekarang," kata Harijanto.

Baca juga : Kawan Dekat Jadi Lawan Berat

Harijanto menyebutkan, pihak manajemen perusahaan akan terus mendukung pertumbuhan dan pengembangan koperasi di Indonesia. "Kami siap mendukung program-program dari KemenkopUKM," pungkas Harijanto.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.