Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

PNM Lakukan Trauma Healing Bagi Karyawan Korban Gempa Cianjur

Senin, 5 Desember 2022 19:17 WIB
Pemeriksaan kesehatan dan trauma healing yang dilakukan PNM ke karyawan korban gempa Cianjur. (Foto: Dok. PNM)
Pemeriksaan kesehatan dan trauma healing yang dilakukan PNM ke karyawan korban gempa Cianjur. (Foto: Dok. PNM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, yang terjadi Senin ( 21/11), menyisakan luka yang mendalam. Bantuan bagi para korban terdampak gempa pun sampai kini terus mengalir dari berbagai pihak untuk meringankan beban korban dalam musibah tersebut.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM), melalui progam PNM Peduli, juga telah menyalurkan donasi bagi korban terdampak, baik karyawan, nasabah, maupun warga sekitar, berupa bantuan logistik.

Baca juga : Jokowi Pastikan Percepatan Pembangunan Rumah Warga Korban Gempa Cianjur

Pemimpin PNM Cabang Sukabumi, M Resya Apriansyah, berharap langkah PNM Peduli dapat menginspirasi semua kalangan untuk membantu sesama, peduli terhadap keselamatan, dan tetap waspada terhadap bencana susulan yang mungkin dapat terjadi kapan pun dan di mana pun.

"Dari total lebih kurang 1.024 karyawan PNM area Cianjur, ada 132 karyawan yang terkena dampak sedang sampai berat, baik kerusakan rumah, luka, maupun trauma psikis," ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (5/12).

Baca juga : Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Gempa Cianjur Dimulai

Untuk itu, lanjutnya, dalam rangka membantu karyawan pulih lebih cepat pascagempa, PNM mengadakan pemeriksaan kesehatan dan trauma healing yang dilakukan selama 5-7 Desember 2022, di area Cianjur dan sekitarnya. "Pemeriksaan dilakukan tim dan relawan kesehatan yang terdiri dari dokter lapangan, perawat lapangan, dan psikolog profesi yang terlatih menangani trauma pasca bencana," lanjutnya.

Acara dimulai dengan melakukan pemeriksaan dan konsultasi kepada kesehatan karyawan dan keluarganya sesuai dengan dampak masing-masing. "Tak lupa self assessment dari psikolog untuk menentukan tingkat berat masalah psikis karyawan terdampak. Terakhir mereka akan diberikan obat serta vitamin sesuai kebutuhan," tutupnya.

Baca juga : Pakai Jalur Darat, Jokowi Kembali Tinjau Penanganan Gempa Cianjur

Terkait ekonomi, PNM konsisten mendukung penulihan. Hingga 30 November 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp164,67 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,61 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki kantor layanan sebanyak 4.213 di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.634 Kecamatan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.