Dark/Light Mode

Penyaluran Kredit Naik 2 Kali Lipat, Modal Rakyat Siap Perluas Kemitraan

Rabu, 1 Februari 2023 07:28 WIB
Co-Founder dan CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik
(Foto: Istimewa)
Co-Founder dan CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Platform layanan keuangan digital atau peer to peer landing, Modal Rakyat mencatat pertumbuhan hampir dua kali lipat sepanjang 2022. Memasuki 2023, penyalur pinjaman industri dan UMKM ini siap perluas kemitraan.

"Modal Rakyat akan lebih fokus ke kolaborasi strategis dengan berbagai stakeholders yang akan diimplementasikan melalui ragam layanan keuangan inklusif Modal Rakyat secara komprehensif," ujar Co-Founder dan CEO Modal Rakyat, Hendoko Kwik dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/1).

Baca juga : Menhan Puji Kekompakan TNI dan Rakyat Bangun Kantor Koramil Di Medan

Hendoko mencontohkan salah satu kerja sama strategis yang berpengaruh besar dari sisi penyaluran, misalnya melalui skema Supply Chain Financing dengan perusahaan trading, distribusi, fast moving consumer goods, logistik, hingga teknologi.

Modal Rakyat menyalurkan pinjaman tidak hanya kepada satu perusahaan, melainkan kepada sejumlah perusahaan lainnya yang masih berada dalam jaringan mitra perusahaan principal. Modal Rakyat juga telah bekerja sama dengan lebih dari 138,000 klien dari berbagai industri di Indonesia.

Baca juga : ERP Buat Atasi Macet, Bukan Buat Cari Cuan

Adapun kerja sama dari sisi pemberi pinjaman (lender), tergambar dari dukungan pendanaan dari 46 mitra perbankan dan multifinance dengan total penyaluran sekitar Rp 5,1 Triliun sepanjang 2022, atau 74 persen dari total pendanaan.

“Harapannya dengan terus memperluas kolaborasi di periode 2023 ini, Modal Rakyat bisa menjangkau segmen UKM yang lebih masif, serta menjalin kerja sama dengan ekosistem distributor sangat berpeluang untuk tumbuh stabil di tengah isu pelemahan ekonomi secara global," ujar Hendoko. 

Baca juga : Dorong Peningkatan Kreativitas Dan Peduli Lingkungan, Teman Sandi Adakan Sejumlah Pelatihan Di Sumut

Menurutnya, mitra UKM Modal Rakyat memiliki ketahanan yang cukup kuat dalam menghadapi gejolak makro ekonomi dan isu resesi global. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.