Dark/Light Mode

Gandeng Perdami Dan RS Permata Cirebon, Sido Muncul Gelar Operasi Katarak Gratis

Minggu, 5 Februari 2023 07:12 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kaos merah) saat berbincang-bincang dengan pasien operasi karatak gratis di RS Permata Cirebon, Sabtu (4/2). (Foto: Istimewa)
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kaos merah) saat berbincang-bincang dengan pasien operasi karatak gratis di RS Permata Cirebon, Sabtu (4/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk kembali menggelar bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Kali ini, Sido Muncul bersama SPBK Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Pusat menggelar operasi gratis untuk 200 pasien penderita katarak di RS Permata Cirebon, Sabtu (4/2).

Bantuan secara simbolis akan diserahkan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Direktur Utama RS Permata Cirebon dr Reiza Nandhika, disaksikan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dr. Diding Sarifudin, jajaran direksi Rumah Sakit, Kapolsek Kedawung, Danramil Tengah Tani, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Camat Kedawung, Kuwu Desa Pilang Sari, dan dr Dyana Theresia Watania, selaku kordinator data SPBK Perdami Pusat.

Baca juga : PLN Peduli dan BenihBaik Sukses Gelar Seremoni Penutupan Program Bantuan

“Kami terakhir kali melakukan baksos operasi katarak di RS Bhyangkara TK II Sartika Asih Bandung pada Desember tahun lalu. Kali ini bersama SPBK Perdami Pusat, ada 200 pasien yang akan mengikuti operasi katarak gratis," ujar Irwan dalam keterangannya, Sabtu (4/2).

Irwan menambahkan, calon pasien telah menjalani proses screening dan langsung dioperasi pada hari yang sama.

"Kami menyambut baik kerja sama dengan SPBK Perdami Pusat dan juga RS Permata Cirebon. Harapan kami, bisa membantu para penderita katarak untuk beraktivitas kembali,” ujar Irwan.

Baca juga : Gandeng Bike to Work, Pertamina NRE Ajak Generasi Muda Terapkan Green Mobility

Lebih lanjut Irwan menambahkan pelaksanaan Operasi Katarak Gratis ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada bagian penglihatan. Terhitung sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi lebih dari 55.350 mata di seluruh Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin kecil, karena orang itu kalau kehilangan penglihatannya, 50 persen kualitas hidupnya akan hilang," tutur Irwan.

Ia menambahkan, masalah katarak itu banyak dan terus bertambah setiap tahunnya. Selain memberikan bantuan, menurut Irwan pihaknya juga ingin memberikan informasi bahwa katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi.

Baca juga : Heikal Safar Bareng Pengurus NasDem Bekasi Dan Mantan Kepala BIN Sutiyoso Gelar Senam Sehat

"Selain operasi katarak gratis, Sido Muncul juga terus berkomitmen meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dengan memberikan operasi bibir sumbing gratis, dan sosialisai penanganan stunting di berbagai wilayah di Indonesia," pungkas Irwan.

Munadi, salah seorang pasien yang menjalani operasi mata gratis di RS Permata Cirebon, mengatakan sangat senang. Lelaki berusia 56 ini mengaku sangat terbantu penyakit katarak yang sudah lama dideitanya, bisa sembuh denga. baksos operasi mata gratis ini.

"Semoga baksos seperti ini terus dilakukan di daerah-daerah lain, terutama bagi kaum tidak mampu," ujar lelaki asal Lokasi ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.