Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gencar Hilirisasi, Aktivitas Logistik Bakal Terus Tumbuh

Rabu, 8 Februari 2023 21:32 WIB
Ketua DPW ALFI DKI Jakarta Adil Karim. (Foto: Istimewa)
Ketua DPW ALFI DKI Jakarta Adil Karim. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) optimisitis program hilirisasi industri di dalam negeri akan menggeliatkan aktivitas rantai pasok produk-produk dalam negeri.

Ketua DPW ALFI DKI Jakarta Adil Karim mengatakan, penguatan industri domestik sangat berperan dalam menangkal isu ancaman resesi perekonomian global pada tahun ini.

"Penguatan lini domestik industrinya, menjaga konsumsi domestiknya juga perlu dijaga, termasuk pembangunan infrastruktur di dalam negeri yang masif dilakukan untuk mendukung aktivitas transportasi dan logistik perlu terus dioptimalkan guna efisiensi dan meningkatkan daya saing produk nasional," ujar Adil dalam keterangam resminya di Jakarta, Rabu (8/2).

Baca juga : Gelar Rakernas, Asmindo Dukung Kreativitas Industri & UKM

Menurutnya, dengan pencapaian tingkat pertumbuhan ekonomi nasional di angka 5,31 persen pada 2022 lalu, saat ini aktivitas dunia usaha termasuk sektor bisnis logistik di Indonesia kembali bergerak tumbuh.

"Di DKI Jakarta mulai tumbuh dan bermunculan perusahaan-perusahan baru di sektor logistik sejak awal 2023 ini. Fenomena itu dapat kami lihat dengan bergabungnya sejumlah perusahaan forwarder dan logistik di DKI tersebut menjadi anggota ALFI," katanya.

Dia menilai, DKI Jakarta merupakan barometer perekonomian nasional lantaran perputaran pergadangan dan jasa banyak dilakukan. Selain itu, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menjadi pelabuhan tersibuk di Indonesia yang menghandle lebih dari 65 persen aktivitas perdagangan ekspor maupun impor serta domestik.

Baca juga : Presiden Tekankan Pentingnya Digitalisasi Produktivitas Blok Rokan

Pelaku logistik, kata Adil, tetap optimistis pertumbuhan ekonomi nasional akan terus membaik ke depan.

Untuk itu, semua pihak perlu sama-sama menjaga untuk terus mendorong momentum pertumbuhan ekonomi di 2022 lalu sehingga diharapkan bisa terus berlanjut pada tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

"Meskipun dinamika perpolitikan nasional di tahun ini lebih dinamis mengingat kita akan menghadapi Pemilu pada 2024 mendatang," jelasnya.

Baca juga : Telkom Perluas Layanan Digitalisasi Sektor Logistik Ke Pulau Jawa

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pada Januari 2023 terjadi inflasi year on year (yoy) sebesar 5,28 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 113,98. Inflasi tertinggi terjadi di Kotabaru sebesar 7,78 persen dengan IHK sebesar 119,97 dan terendah terjadi di Sorong sebesar 3,23 persen dengan IHK sebesar 112,02. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.