Dark/Light Mode

Pemerintah Gencarkan Hilirisasi Pertambangan

Industri Lokal Mesti Siap

Kamis, 8 Desember 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi VII DPR Sartono. (Foto: DPR RI)
Anggota Komisi VII DPR Sartono. (Foto: DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mendukung program hilirisasi industri bahan tambang baik bauksit, nikel hingga timah yang digaungkan Presiden Jokowi. Namun, Pemerintah perlu juga melihat kesiapan kondisi industri dalam negeri. Bila industri lokal tidak siap, produk yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Anggota Komisi VII DPR Sartono mengatakan, program hilirisasi industri bahan mentah bertujuan meningkatkan penda­patan negara dan memperluas lapangan pekerjaan. “Apalagi kondisi APBN kita saat ini sedang tidak baik-baik saja,” ujarnya.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pertumbuhan Industri Kosmetik Indonesia

Sartono berharap, Pemerintah dapat terus menjaga iklim investasi di dalam negeri tetap kon­dusif. Caranya, memberikan kepastian berusaha, urusan perizinan yang tidak berubah-ubah, hingga pemberian insentif fiskal.

“Langkah ini akan mendukung pelaku industri untuk mengem­bangkan usahanya sehingga da­pat melakukan hilirisasi,” jelas Politikus Demokrat ini.

Baca juga : Waspada Semeru, Singapura Minta Warganya Tunda Perjalanan Tak Penting Ke Indonesia

Sartono mendorong Pemerintah tidak hanya melakukan hilirisasi, juga dapat melakukan industrialisasi produk di dalam negeri. Sehingga Indonesia bukan hanya mengekspor ba­han setengah jadi, tapi langsung mengekspor barang jadi dengan nilai jual tinggi.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menga­takan, hilirisasi berbagai sumber daya alam bisa mendorong Indonesia menjadi pemimpin pasar dunia.

Baca juga : Harumkan Bangsa Di Kancah Internasional

“Dengan adanya hilirisasi ini juga bisa memberikan suatu multiplier effect atau nilai tam­bah,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.