Dark/Light Mode

Gandeng Citic Seram Energy, SKK Migas Temukan Cadangan Gas

Sabtu, 11 Februari 2023 19:42 WIB
Cadangan gas di Pulau Seram Maluku. (Foto: Istimewa)
Cadangan gas di Pulau Seram Maluku. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Status per 11 Februari 2023 15.00 WIT, kegiatan yang sedang dilakukan pada sumur Lofin-2 (re-entry) adalah melanjutkan pembersihan lubang sumur (clean-up well).

Sebagai informasi, sumur Lofin-2 (re-entry) ditajak pada 31 Oktober 2014 dan mencapai kedalaman akhir di 19,230 ftMD pada 19 Juli 2015. Sumur ini terletak di Desa Seti, Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Baca juga : Pemprov DKI Gandeng ESDM Audit Energi Bangunan Gedung

Menurut Surya, temuan gas di Pulau Seram ini memiliki tantangan yang cukup besar dalam operasional kegiatan pengetesan sumur eksplorasi karena berada di wilayah remote sehingga memerlukan waktu yang cukup lama.

“Terutama untuk memobilisasi peralatan dan material pemboran, sumur dengan kedalaman yang relatif dalam dan tekanan reservoir yang tinggi,” ujar Surya.

Baca juga : Langgar FFP, City Terancam Degradasi Dan Ditinggal Guardiola

Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Mohammad Kemal menyebut, temuan gas ini merupakan angin segar eksplorasi masif, agresif dan efisien yang terus dilakukan SKK Migas bersama KKKS.

Kemal bilang, potensi cadangan minyak bumi di Pulau Seram, Maluku dan Warim Papua masih cukup besar. Setidaknya, bisa mencapai 5 miliar barel. “Alhamdulilah sudah ada investor yang tertarik untuk melihat datanya,” ujar Kemal. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.