Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemprov DKI Gandeng ESDM Audit Energi Bangunan Gedung

Kamis, 9 Februari 2023 21:17 WIB
Penandatangani naskah kesepakatan kerja sama Audit Energi Bangunan Gedung di Kampus PPSDM KEBTKE, Jakarta Senin (6/2).
Penandatangani naskah kesepakatan kerja sama Audit Energi Bangunan Gedung di Kampus PPSDM KEBTKE, Jakarta Senin (6/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meneken Naskah Kesepakatan Kerja Sama Audit Energi Bangunan Gedung di Kampus PPSDM KEBTKE, Jakarta Senin 6/2).

"Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Kementerian ESDM dan Pemprov DKI dalam rangka mewujudkan pemanfaatan dan penggunaan energi pada gedung pemerintahan dengan hemat, efektif, dan efisien," ujar Kepala PPSDM KEBTKE, Susetyo Edi Prabowo mengawali sambutannya.

Susetyo menyampaikan, kerja sama ini dilakukan rangka menjalin kerja sama kembali antara Provinsi DKI dengan PPSDM KEBTKE dalam bidang audit energi pada bangunan gedung milik Pemprov DKI. Pada tahun 2022 yang lalu, Pemprov DKI telah melaksanakan audit energi untuk 10 gedung miliknya. 

Baca juga : Bantu Yuk, Bantu Yuk!

Ia mengapresiasi langkah nyata Pemprov DKI yang telah mengimplementasikan Peraturan Menteri ESDM Nomor 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Energi dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 156 Tahun 2012 tentang Penghematan Energi dan Air.

Adapun naskah kesepakatan kerja sama audit energi bangunan gedung ini diteken oleh Andri Yansyah, epala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi and Energi, Pemprov DKI a dan Susetyo Edi Prabowo selaku Kepala PPSDM KEBTKE.

Kegiatan audit energi yang dilakukan ini adalah dalam rangka penerapan efisensi energi secara optimal pada bangunan gedung/kantor instansi pemerintah provinsi dki jakarta dengan sasaran/target yang diharapkan berupa rekomendasi langkah-langkah penghematan energi, serta panduan pelaksanaan hemat energi bagi bangunan-bangunan gedung milik Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga : Kementan Gandeng Bupati Kediri Perkuat Pengembangan Perkebunan

Pelaksanaan kegiatan audit energi tahun 2023 akan dilakukan pada 10 bangunan gedung milik Pemprov DKI yang terdiri dari bangunan gedung kantor dinas dan RSUD di lingkungan provinsi DKI Jakarta.

Di lingkungan Pemprov DKI Jakarta terdapat beberapa Gedung kantor Pemerintahan yang ditempati oleh 42 SKPD serta sekitar 721 UKPD yang sesuai dengan Pergub No 156 tahun 2012 yang menyebutkan bahwa perlu dilakukan manajemen energi melalui audit energi, sehingga kegiatan ini kedepannya akan direncanakan untuk dilaksanakan pada setiap tahun anggaran.

"Diharapkan kerja sama ini bukan menjadi yang terakhir, tetapi dapat terus berkesinambungan, tidak hanya terbatas pada kegiatan audit energi tetapi juga untuk seluruh urusan kenergian khusunya ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi yang terdapat pada Pemprov DKI," ujar   ujar Andri Yansyah.

Baca juga : TASPEN Bangun Gedung Tertinggi Di Jakarta

Kegiatan audit energi dilaksanakan untuk mengidentifikasi pola pemanfaatan pada gedung dan aspek lain yang mempengaruhi seperti kondisi/profil gedung, performa peralatan yang digunakan maupun kondisi jaringan listrik, sehingga dapat ditentukan kategori penghematan energi dalam rangka mewujudkan pemanfaatan dan penggunaan energi pada bangunan gedung di lingkungan Pemprov DKI secara hemat, efektif, dan efisien.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.