Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pamer Kinerja Di Medsos Puan Makin Gaul

Jumat, 30 Desember 2022 07:22 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani
Ketua DPR, Puan Maharani

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani makin rajin pamer kinerjanya di media sosial alias medsos. Hampir setiap hari, politisi PDIP itu, update kegiatannya. Yang menarik, bahasa yang dipake Puan juga bukan bahasa baku, tapi bahasa-bahasa gaul. 

Puan sangat aktif di medsos. Bahkan, dia memiliki dua akun Instagram. Keduanya aktif, tapi pemanfaatannya berbeda. Akun pertama @puanmaharini dengan jumlah pengikut 2,1 juta. Sedangkan akun kedua @ketua_dprri dengan jumlah pengikut baru 49 ribu. Keseluruhan akun tersebut telah tercentang biru. 

Untuk memamerkan kunjungan kerjanya, Puan biasanya memanfaatkan akun @puanmaharini. Di akun ini terdapat 1.424 postingan. Didominasi kegiatan Puan bersama rakyat. Bisa dibilang, hampir seluruh program kerja Puan yang menyasar rakyat dipamerkan di akun ini

Ada beberapa video kompilasi yang memutar kegiatan Puan bersama rakyat di akun ini. Misalnya, di video yang terakhir di upload Puan adalah soal kegiatannya saat kunjungan kerja alias kunker ke daerah. 

Berita Terkait : Erick: Damri Dan PPD Dilebur, BUMN Angkutan Umum Makin Joss

Dalam video tersebut, Puan terlihat sedang menjelaskan kegiatan ketika ke daerah. dia menyatukan berapa video menjadi satu. Terlihat Puan menanam padi di tengah hujan bersama para petani. Kemudian ada video dia ke pasar ikan bertemu nelayan dan membuat jala ikan. Dia juga memasang video sedang blusukan ke pasar dan ke sekolahan. 

Puan juga makin kekinian dengan menulis caption sesuai dengan tren saat ini. Pada video komplikasi itu Puan menulis caption: “Kamu bertanyea tanyea, kalau kunjungan kerja saya ngapain aja? Sepanjang 2022, aktivitas kunker sangat beragam. Mulai dari bertemu petani dan nelayan, mengecek vaksinasi anak sekolah, berdialog dengan mahasiswa, sampai pantau langsung pembangunan infrastruktur. Tahun 2023 kita gasss lebih beragam lagi yaa”. 

Hingga tadi malam, video Puan sudah di-like 30 ribu orang. Sedangkan yang mengomentari sudah 621 orang. 

Puan juga memasang video diajak swafoto oleh rakyat. Puan tidak pilih-pilih. Tua dan muda, semuanya dilayani. Bahkan, Puan rela menjadi pemegang kamera agar angel swafoto menjadi lebih bagus. 

Berita Terkait : 43 Pesawat AU China Bersliweran Di Garis Median Selat Taiwan

“Di setiap lokasi kunjungan kerja selama 2022, selalu banyak momenmomen kebersamaan yang layak diabadikan. Kadang difotoin warga masyarakat, kadang juga gantian saya yang bertugas selfie. Celreeek! Para jagoan selfie mana suaranya,” tulis mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu di captionnya. 

Sedangkan, akun @ketua_dprri berisikan kegiatan Puan yang lebih formil. Misalnya kegiatan Puan bertemu dengan perwakilan negara tetangga atau juga pejabat Indonesia. 

Di akun ini juga lebih menggambarkan kerjaan Puan di gedung DPR. Mulai dari memimpin rapat hingga mengesahkan produk regulasi berupa undang-undang. 

Pengamat politik, Dimas Oky Nugroho menilai, komunikasi Puan mulai lentur dan kaku lagi. Komunikasi seperti ini yang dibutuhkan pemilih. Terutama pemilih milenial. 

Berita Terkait : Pemerintah Diminta Bersikap Adil Dalam Usulan Pembentukan DOB

“Komunikasi politik yang inklusif dan tidak elitis sekaligus berbobot adalah kompetensi politik yang baik yang diharapkan publik terhadap seorang pemimpin,” ujar Dimas saat dihubungi, kemarin. 

Menurut dia, langkah Puan memamerkan kinerja juga sebagai edukasi dan sosialisasi politik. Apalagi, legislator punya tanggung jawab melaporkan kepada publik terkait berbagai kegiatan yang dilakukan. 

Warganet juga memuji perubahan Puan yang lebih gaul dan semakin dekat dengan rakyat. “Superr cooollll,” imbuh @pfajarr. “Merakyat. Mantap. Love love love,” terang @artisindo8. “Yang pasti Mbak Puan-nya keren,” jelas @ AurelTritania. @lussyluciana073 memuji semangat Puan menemui rakyat. “Wah kerjanya totalitas bangat sampe belusukan kaya gtu ya Mbak Puan,” twit @lussyluciana073. 

“Gas terus Mbak Puan. Mantap,” timpal @mdeni7652. “Mumpung masih sehat kuat dan bisa cepat ambil keputusan terbaik untuk rakyat,” ucap @yhendarsyah.■