Dark/Light Mode

Hunian Meningkat Pasca Pencabutan PPKM

Pemilu Bakal Ikut Kerek Omzet Hotel Dan Cafe

Senin, 13 Februari 2023 06:45 WIB
Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani. (Foto: Antara).
Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Raup Cuan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai, selain pencabutan PPKM, bisnis perho­telan akan diuntungkan momen jelang Pemilihan Umum (Pemi­lu) 2024.

“Politik justru bagus untuk pariwisata dan ekonomi kreatif karena pasti banyak banget kegiatan partai maupun calon legislatif di hotel-hotel,” kata Sandiaga.

Baca juga : KPK Tepis Isu Pengembalian Karyoto dan Endar Priantoro Ke Polri Terkait Formula E

Selain hotel, Sandiaga me­nyakini banyak cafe yang diun­tungkan. Pasalnya, bakal banyak diskusi politik yang digelar hingga tahun depan.

“Jadi, politik itu seharusnya menggembirakan dan menurut saya trennya sudah berubah total,” ucap Sandiaga.

Dia pun berharap para pe­bisnis di sektor perhotelan dan cafe mulai memutar otak me­manfaatkan musim Pemilu 2024. “Jangan sampai momen itu dibiarkan dan membuat keun­tungan hilang,” ujarnya.

Baca juga : Menpora Pastikan Pemilu dan PON Aceh-Sumut Berjalan Beriringan

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menga­takan, meningkatnya okupansi hotel pada tahun ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain tren staycation dan semakin banyaknya hotel yang mendapatkan sertifikat bebas Covid-19 dari Pemerintah.

Maka dari itu, ia menyarankan agar industri perhotelan bisa meningkatkan fasilitas hingga memberikan promosi yang me­narik wisatawan.

“Langkah ini akan membuat wisatawan lebih nyaman dan merasa aman saat menginap di hotel,” tegas Yusuf. ■  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.