Dark/Light Mode

Hunian Meningkat Pasca Pencabutan PPKM

Pemilu Bakal Ikut Kerek Omzet Hotel Dan Cafe

Senin, 13 Februari 2023 06:45 WIB
Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani. (Foto: Antara).
Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) optimistis bisnis perhotelan makin moncer tahun ini. Sebab, kegiatan masyarakat menunjukkan peningkatan pasca pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, saat ini bisnis perhotelan su­dah hampir menyamai kondisi sebelum pandemi dengan oku­pansi atau keterisian di atas 70 persen.

“Sejak akhir tahun atau sejak PPKM dicabut, industri perhotelan makin moncer. Bahkan untuk daerah-daerah yang di dominasi wisatawan domestik (wisdom) sudah hampir menyamai kondisi sebelum pandemi,” kata Hari­yadi kepada Rakyat Merdeka.

Baca juga : KPK Tepis Isu Pengembalian Karyoto dan Endar Priantoro Ke Polri Terkait Formula E

Oleh karena itu, pengusaha optimistis, di momen Hari Raya Idul Fitri atau periode Mei-Juni 2023, bisnis perhotelan di In­donesia bakal mampu kembali ke titik tertinggi atau seperti sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

Namun begitu, diakui Hariya­di, untuk penghuni hotel di daer­ah yang di dominasi wisatawan asing seperti Bali, okupansinya belum sebagus daerah yang di­dominasi wisdom.

Hal ini dikarenakan masih terbatasnya penerbangan dari dan ke Indonesia akibat belum pulihnya bisnis penerbangan, baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya.

Baca juga : Menpora Pastikan Pemilu dan PON Aceh-Sumut Berjalan Beriringan

Menurut Hariyadi, saat ini, baru sekitar 60 persen armada penerbangan yang beroperasi setelah tumbang dihantam pan­demi Covid-19 sejak 2020. Imbasnya kata dia, banyak penerbangan internasional yang ditiadakan atau dikurangi.

“Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, khususnya Bali. Dan akhirnya berpengaruh juga ke okupansi hotel di daerah tersebut,” lanjut Hariyadi.

Menurutnya, pencabutan PPKM membuat masyarakat semakin berani melakukan per­jalanan, sehingga tingkat oku­pansi hotel ikut bertumbuh.

Baca juga : Industri Penerbangan Kita Bakal Kerek Cuan

“Kami harap tahun ini oku­pansi hotel akan terus meningkat. Pembukaan penerbangan dari China baru-baru ini kami harap­kan bisa meningkatkan jumlah wisman yang menginap di hotel di Indonesia,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.