Dark/Light Mode

Akui Usulkan Kenaikan Pangkat

KPK Tepis Isu Pengembalian Karyoto dan Endar Priantoro Ke Polri Terkait Formula E

Jumat, 10 Februari 2023 14:32 WIB
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan mengeluarkan surat pengusulan promosi pangkat bagi Deputi Penindakan dan Eksekusi Irjen Karyoto dan Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro ke Polri.

Komisi antirasuah menyebut, surat pengusulan promosi Karyoto dan Endar Priantoro ke Polri sudah ada sejak November 2022.

"Jadi benar berdasarkan informasi yang kami peroleh, ada surat yang dikirimkan KPK terkait pengusulan promosi di lingkungan Polri untuk keduanya," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Kamis (9/2).

"Yang kami ketahui surat promosi dimaksud sudah diajukan sekitar awal November tahun lalu," imbuh Ali.

Baca juga : Deputi Penindakan KPK Siap Diperiksa Dewas Terkait Formula E

KPK mengusulkan kenaikan jabatan bagi Karyoto dan Endar Priantoro karena keduanya dinilai memerlukan pengembangan karier di institusi asal.

Mekanisme tersebut, wajar. Sehingga, KPK mengklaim dasar pengembalian Karyoto dan Endar Priantoro ke Korps Bhayangkara tak berkaitan dengan Formula E.

"Didasari karena perlu ada pengembangan karir dari setiap pegawai negeri yang dipekerjakan di KPK, Termasuk pegawai dari unsur Polri pada instansi asalnya," jelas Ali.

"Sehingga hal tersebut merupakan mekanisme yang wajar dan tidak terkait dengan persoalan lainnya," imbuh dia.

Baca juga : Akhir Pekan Ini, Pembalap Qarrar Firhand Bidik Posisi Terbaik di South Garda Karting

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membenarkan adanya surat rekomendasi dari Ketua KPK Firli Bahuri yang meminta Karyoto dan Endar Priantoro untuk ditarik kembali ke Polri.

Keduanya ditarik untuk mendapatkan promosi kenaikan jabatan di institusi Polri. Menurut Sigit, surat rekomendasi tersebut memang telah diterimanya.

"Iya, memang betul ada (surat rekomendasi)," ujar Sigit setelah melakukan rapat pimpinan (rapim) Polri di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/2).

Sigit menuturkan, Korps Bhayangkara masih menimbang surat rekomendasi yang dikirimkan oleh Firli Bahuri tersebut.

Baca juga : Evaluasi Stok dan Harga Pangan Jelang Ramadan, Satgas Pangan Polri Gelar Rakor

"Namun demikian tentunya kita akan melihat peluang-peluang yang ada. Nanti akan kita rapatkan," tukasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.