Dark/Light Mode

AirAsia Luncurkan Badan Pesawat Berlatar Danau Toba

Sabtu, 18 Februari 2023 14:42 WIB
Maskapai AirAsia Indonesia meluncurkan livery atau corak badan pesawat bertema Lake Toba & Beyond. (Foto: Istimewa)
Maskapai AirAsia Indonesia meluncurkan livery atau corak badan pesawat bertema Lake Toba & Beyond. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai AirAsia Indonesia meluncurkan livery atau corak badan pesawat bertema Lake Toba & Beyond. Livery ini ditempel di pesawat AirAsia Airbus A320 PK-AZR menampilkan potret wanita penenun kain ulos berlatar belakang Danau Toba.

Peluncuran livery ini juga bertepatan dengan digelarnya ajang balap speed boat Formula One PowerBoat World Championship (F1 H20) pada 24-26 Februari 2023 mendatang.

Proses kreatif penciptaan livery ini dilakukan oleh Tobatenun selama kurang lebih 2 bulan, dengan memasukkan unsur-unsur yang dapat memperkaya destinasi utama Danau Toba.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, livery ini akan menempel di salah satu pesawat AirAsia rute Jakarta-Silangit.

"AirAsia mendukung Danau Toba yang merupakan salah satu dari 5 destinasi wisata super priority Indonesia," katanya saat peluncuran livery terbaru di Hanggar 4 GMF AeroAsia Soekarno-Hatta, Jumat (17/2).

Baca juga : Garuda Menangkan Gugatan Lawan Greylag Di Paris

Veranita menambahkan, pesawat dengan livery berlatar Danau Toba ini tidak hanya akan terbang ke Silangit tapi juga keluar negeri. Tercatat AirAsia kini memiliki 3 pesawat dengan livery berdesain khas daerah yaitu, Danau Toba, Lombok, dan Belitung.

AirAsia menargetkan tahun ini dapat mengoperasikan total 32 pesawat. Saat ini AirAsia telah memiliki total sebanyak 26. Namun, yang beroperasi pasca pandemi baru 19 pesawat.

Armada yang belum beroperasi disebabkan oleh keterbatasan onderdil (spare part) pesawat tipe A320 yang dioperasikan.

"Total penambahan adalah 6 pesawat (dari 26 yang saat ini dimiliki) tapi ada beberapa pesawat yang harus kita kembalikan karena berakhirnya masa sewanya kepada lessor. Tahun ini kita akan membawa 10 pesawat yang sebelumnya telah kita miliki," jelasnya.

AirAsia akan menambah frekuensi penerbangan Jakarta-Silangit sebanyak 7 hari dalam seminggu, dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan kuota bagasi gratis sebesar 20 kg dan kuota bagasi kabin sebesar 7 kg.

Baca juga : Tinjau Venue, Menpora Pastikan Kesiapan Infrastruktur F1Powerboat Danau Toba

Hal ini dilakukan untuk mendukung F1 H20. Veranita menuturkan, sebelumnya frekuensi terbang Jakarta-Silangit hanya 3 kali dalam seminggu. 

Dia mengungkapkan, sejak beroperasi, tingkat keterisian rute Silangit rata-rata untuk setiap penerbangannya mencapai 83,6 persen.

"Ini merupakan bukti bahwa masyarakat menerima keberadaan AirAsia sebagai maskapai pilihan untuk terbang ke destinasi wisata," ungkapnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono mengatakan, ajang internasional F1Powerboat ini merupakan event yang pertama yang dilakukan di danau vulkanik terbesar di dunia Danau Toba.

"Animo masyarakat yang luar biasa terlihat dari tiket yang terjual habis hanya dalam waktu 23 menit dari pertama kali dibuka di tanggal 7 Februari lalu," ujarnya.

Baca juga : InJourney Matangkan Gelaran Kopiko F1Powerboat Danau Toba

Maya memastikan kesiapan saat ini sudah mencapai 95 persen untuk race venue. Ia mengucapkan terima kasih untuk Air Asia yang juga telah menambah penerbangannya ke Silangit untuk mendukung F1Powerboat.

"Ajang olahraga internasional, livery pesawat yang unik dan kekhasan kain Tenun Ulos merupakan kombinasi yang sangat luar biasa, yang kami harapkan akan banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba," ucapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.