Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presuniv Perkuat Kerja Sama Pendidikan Dengan Timor Leste

Rabu, 22 Februari 2023 17:40 WIB
Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste, Longuinhos Dos Santos (kiri). (Foto: Ist)
Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste, Longuinhos Dos Santos (kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - President University (Presuniv) terus memperkuat kerja sama pendidikan dengan pemerintahan Timor Leste.

Kerja sama keduanya ditandai dengan kunjungan Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste, Longuinhos Dos Santos ke kampus President University (Presuniv) di Jababeka Education Park, Kota Jababeka, Cikarang, Selasa (14/2) pekan lalu.

Ikut serta dalam kunjungan tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste, Filomena Lay, Direktur Eksekutif Human Capital Development Fund Dr. Christovao dos Reis, beserta segenap tim dari kementerian tersebut. Delegasi dari Timor Leste tersebut disambut dengan hangat oleh Rektor Presuniv Prof. Dr, Chairy, Handa S. Abidin, Wakil Rektor Bidang Akademik, Maria Jacinta Arquisola, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, dan Bendahara Yayasan Pendidikan Universitas Presiden Justin Endramukti, beserta para kepala biro.

Baca juga : HUT Ke-44, Universitas Budi Luhur Perkuat Kerja Sama & Kolaborasi

“Kami senang menyaksikan mahasiswa-mahasiswa Timor Leste bisa kuliah di President University. Semoga kelak setelah lulus mereka bisa segera kembali untuk membangun negaranya, Timor Leste,” ujarnya.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut Menteri Longuinhos dos Santos mengungkapkan alasannya mengapa Pemerintah Timor Leste memilih mengirimkan para mahasiswanya untuk kuliah di Presuniv. Menurut dia, ada dua alasan.

Pertama, sistem pendidikan di Presuniv yang mengombinasikan teori dan praktek secara bersamaan. Ini terutama didukung oleh perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri Jababeka. Kedua, penggunaan bahasa Inggris dalam perkuliahan. Semua itu pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Timor Leste.

Baca juga : Pemerintah Revitalisasi Pendidikan Vokasi, Dekatkan SMK Dengan Dunia Usaha

Dalam kesempatan itu, Menteri Longuinhos dos Santos juga menanyakan kendala yang dihadapi mahasiswa Timor Leste selama mengikuti perkuliahan di Presuniv.

Sementara, Chairy bangga Presuniv menjadi pilihan dari Pemerintah Timor Leste dalam mengembangkan sumber daya manusianya. “Kami akan bekerja keras untuk mendidik mahasiswa-mahasiswa dari Timor Leste agar kelak menjadi pemimpin-pemimpin yang unggul dan mampu berkontribusi dalam pembangunan di negaranya,” katanya.

Mengenai kendala, ungkap Chairy, secara umum yang dihadapi oleh sebagian besar mahasiswa ketika kuliah di Presuniv adalah kemampuan dalam berbahasa Inggris. Khusus untuk mahasiswa Timor Leste, dia melihat, mereka cukup cepat dalam belajar bahasa dan menunjukkan keinginan yang kuat untuk terus berkembang. “Jadi, kemampuan berbahasa Inggris bukan kendala besar bagi mereka,” katanya.

Baca juga : Demokrat Mulai Safari Politik Bareng Anies

Dalam kunjungannya kali ini juga dilakukan penandatanganan perpanjangan perjanjian kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Timor Leste dengan Presuniv. Perpanjangan MoU yang berlaku untuk tahun 2023 hingga 2028 tersebut menyepakati beberapa hal.

Di antaranya, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste akan secara reguler mengirimkan siswa lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas-nya (SLTA) untuk melanjutkan pendidikannya di Presuniv melalui berbagai skema.

Baik pihak Timor Leste maupun Presuniv menilai positif perpanjangan perjanjian kesepahaman tersebut. “Kami menyambut baik perpanjangan MoU ini. Kami selalu siap untuk berpartisipasi dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia dari Timor Leste,” tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.