Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demokrat Mulai Safari Politik Bareng Anies

Selasa, 21 Februari 2023 15:28 WIB
Bacapres Partai NasDem Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Istimewa)
Bacapres Partai NasDem Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, partainya sudah menyiapkan rencana safari politik bersama bakal calon presiden Anies Baswedan.

"Tunggu saja pekan-pekan ini. Akan ada beberapa agenda yang kemungkinan bisa diikuti oleh publik," kata Herzaky dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (21/2).

Dikatakan, sejumlah hal sedang dikalkulasi secara rinci. Partai Demokrat dan koalisi tengah mencari momentum pembentukan sekretariat perubahan, penandatanganan kesepakatan tiga partai politik dan deklarasi, termasuk mencari waktu-waktu yang pas untuk rencana safari dengan Anies.

Baca juga : AHY Terus Panasin Mesin

"Ini masalah pengaturan ritme dan tempo saja. Bagian dari strategi. Ada kalkulasi mendetail dan pembahasan berbagai skenario," tambahnya.

Menurut dia, politik tidak dilakukan dalam ruang hampa. Ada aksi-reaksi. Partai yang dikomandoi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini, lanjut Herzaky tidak mau reaktif dan memilih proaktif.

"Demokrat bersiap diri menghadapi semua skenario, dan berbagai kemungkinan, sehingga ketika satu pilihan langkah sudah diambil, apa pun respons publik, respons koalisi lain, respons pendukung status quo, sebisa mungkin sebagian besar sudah masuk dalam kalkulasi yang diprediksi sebelumnya," tuturnya.

Baca juga : Politik Uang Masih Ancam Pemilu 2024

Herzaky mengklaim, ada harapan besar masyarakat akan perubahan. Denyut akar rumput inilah yang jadi perjuangan Demokrat.

"Intinya, kalau sudah saatnya, kami akan menyampaikan rencana dan kemajuan tertentu yang dicapai oleh koalisi perubahan ke publik," sebutnya.

Namun, apabila dirasa belum saatnya, rencana yang sudah disepakati dan kemajuan yang sudah dicapai, belum akan disampaikan ke publik.

Baca juga : Banyak Dikunjungi Partai Politik, Golkar Menang Pengalaman

"Tiap pekan, Koalisi Perubahan memang semakin bergerak maju. Memang harus progresif dan kolaboratif jika ingin menang dan memperjuangkan perubahan dan perbaikan," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.