Dark/Light Mode

Luhut Happy Event F1 Powerboat Sukses

Investor Lirik Bangun Hotel Di Danau Toba

Selasa, 28 Februari 2023 06:45 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) menyaksikan sesi kualifikasi saat menghadiri Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/2/2023). (Foto: Antara).
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) menyaksikan sesi kualifikasi saat menghadiri Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/2/2023). (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak investor tertarik menanamkan modalnya di kawasan Danau Toba seiring dengan suksesnya perhelatan ajang balap perahu motor Formula 1 atau F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), yang berakhir Minggu (26/2). Para investor tertarik membangun hotel dan penginapan di lokasi tersebut.

Merespons niat para investor tersebut, Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, para investor yang berminat membangun hotel dan penginapan hanya diperbolehkan membangun kelas bintang tiga ke atas.

“Hotel di Samosir kan kurang, di Sibisa juga, investor banyak yang berminat. Tapi, mereka tidak boleh mendirikan hotel sekelas bintang 3 di wilayah Danau Toba, supaya homestay dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut dapat hidup,” kata Luhut dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Bamsoet Puji Kesuksesan F1 Powerboat World Championship 2023 di Danau Toba

Menurutnya, event F1 Power­boat telah menimbulkan dampak ekonomi dan pariwisata yang luar biasa di wilayah tersebut. Bahkan, daya tampung hotel di wilayah Balige sudah mening­kat lebih dari 70 kali dari data tampungnya.

Hal itu terjadi karena antusiasme masyarakat dalam menyak­sikan balapan F1 Powerboat di sepanjang Danau Toba. Kondisi tersebut membawa dampak yang cukup besar bagi UMKM.

“Antusiasme masyarakat menonton event sangat tinggi sehingga memadati sepanjang pantai Danau Toba dan mem­berikan dampak besar bagi UMKM. Sekarang, penting bagi kita melibatkan rakyat. Di sana, saya lihat puluhan ribu yang nonton dan belanjanya ke UMKM,” ucap Luhut.

Baca juga : Luhut: F1 Powerboat Sukses, Bukti Orang Batak Bisa Diatur

Dia pun menginformasikan bahwa Pemerintah telah mengusulkan ke promotor agar event tersebut dapat kembali dilak­sanakan di Indonesia selama lima tahun ke depan.

“Setelah melihat infrastruktur di Danau Toba, promotor bilang malah bisa dilakukan lagi sam­pai 10 tahun ke depan. Mereka juga mau menyelenggarakan Jetski di Oktober nanti di sini. Pesertanya 25 negara, nanti mengelilingi Pulau Samosir,” ucap Luhut.

Mengenai pengembangan pariwisata, Kemenko Marves akan melaksanakan koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait dengan pelaksanaan event selanjutnya.

Baca juga : F1Powerboat Sukses, Kemenparekraf Mau Perbanyak Event Internasional Di Danau Toba

“Minggu depan kita dengan Kapolda dan bupati rapat untuk ngatur event ke depan, kita cari desainnya. Kita list down events, venue-nya di mana, kapan saja, penanggung jawabnya apakah Pemerintah Pusat, Pemda, atau private sector. kombinasi dari itu semua akan membuat posisi Indonesia baik,” jelas Luhut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.