Dark/Light Mode

Luhut: F1 Powerboat Sukses, Bukti Orang Batak Bisa Diatur

Senin, 27 Februari 2023 07:52 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), dalam acara F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: Instagram)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), dalam acara F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan tersanjung mendengar pernyataan Founder H2O Racing Nicolo Di San Germano, dalam sesi jumpa pers, Sabtu (25/2).

Ketika itu, Nicolo berkata, bila kejuaraan ini memberikan award untuk para pemenang kompetisi, maka harus ada award yang diberikan untuk juara utama, yaitu tim penyelenggara.

"Saya yakin, ucapan Nicolo bukan basa basi belaka. Karena dia melihat sendiri, bagaimana perubahan Danau Toba 6 bulan lalu, saat dia pertama datang. Danau Toba saat ini menjadi begitu berbeda," ujar Luhut via Instagram, Minggu (26/2). 

Baca juga : F1Powerboat Sukses, Kemenparekraf Mau Perbanyak Event Internasional Di Danau Toba

Dia bilang, sebagai Tuan Rumah F1 Powerboat, Indonesia tahu, Danau Toba akan menjadi perbincangan dunia internasional. 180 juta pasang mata, akan menyaksikan ajang ini melalui berbagai media.

Potensi inilah yang mendorong seluruh pihak, untuk terus memperbaiki aksesibilitas, amenitas, dan atraksi. Sehingga, Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia, bisa menjadi salah satu tujuan pariwisata favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

"Ajang Kopiko F1 Powerboat, juga menjadi pembuktian kami sebagai orang Batak. Banyak orang beranggapan bahwa orang Batak susah diatur, saya tidak membantah anggapan tersebut," ujar pria kelahiran Tapanuli Utara, 75 tahun silam.

Baca juga : Industri Pertahanan Indonesia Sukses Bukukan Transaksi Triliunan Rupiah

Karena itu, saat persiapan menjadi tuan rumah beberapa bulan sebelumnya, Luhut menantang Bupati Toba untuk mempercantik daerahnya, dengan melibatkan masyarakat.

Tantangan itu dijawab dengan sangat baik. Masyarakat Toba berhasil membuktikan mereka bisa kompak, teratur, dan kreatif mempercantik daerah tempat tinggal mereka.

"Inilah buah manis dari kerja sama tim yang solid antara pemerintah dan warga masyarakat. Saya berani berkata, event sebesar apa pun siap kita selenggarakan, jika kita punya kerja tim yang bagus," ucap Luhut.

Baca juga : Dukung Ajang F1 Powerboat World 2023, Kopiko Menggebrak Dunia

Lulusan Terbaik Akabri Tahun 1970 ini pun menghaturkan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen penyelenggara, yang telah mensukseskan ajang Kopiko F1 Powerboat Danau Toba 2023 ini. Baik dari kalangan pemerintah, swasta, atau masyarakat.

Luhut berharap, penyelenggaraan yang telah dimulai sejak Kamis (23/2) hingga selesainya acara hari ini, dapat menjadi transformasi positif bagi Danau Toba. Sehingga, para wisatawan mau datang kembali.

"Dengan begitu, kita mendapatkan multiplier effect berupa pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya di Toba, tetapi juga Sumatera Utara dan Indonesia," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.