Dark/Light Mode

Jelang F1 Powerboat 2023, Hotel Di Kabupaten Toba Penuh

Kamis, 23 Februari 2023 21:13 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Beberapa hari jelang balapan internasional F1 Powerboat Lake Toba 2023, seluruh kamar hotel yang berada di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, telah terpesan.

Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Toba, Winner Sinambela mengatakan, pemesanan kamar hotel di wilayah Toba ludes terjual. Bahkan pihaknya, mengaku kekurangan untuk menerima turis yang datang.

"Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahkan mereka yang tidak mendapatkan kamar, memilih menginap di rumah kerabat, atau homestay, sebagai alternatif. Saya akui, luar biasa magnet event F1 Powerboat ini. Kita bersyukur untuk itu," ujar Winner di Balige, kemarin.

Baca juga : Sambut Delegasi F1 Powerboat, AP II Hadirkan Rumah Bolon Dan Patung Raja Batak

Data PHRI Provinsi Sumatra Utara, ketersediaan hunian kamar di sekitar Danau Toba, yaitu Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir, dan Humbang Hasundutan sebanyak 2.451 unit.

Jumlah tersebut tersebar di sekitar Danau Toba, yang meliputi Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir, dan Humbang Hasundutan.

Meski terdapat 2.204 kamar hotel dan 247 kamar homestay, belum dapat mengakomodir seluruh pengunjung. Kata Winner, antusiasme masyarakat dan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara meningkat drastis sejak Toba ditetapkan sebagai lokasi F1 Powerboat 2023.

Baca juga : Dukung F1 Powerboat, Telkomsel Pasang 5G Di Danau Toba

Ia menggarisbawahi, kunci pelaku bisnis di sektor pariwisata, terkhusus pelaku hotel dan restoran, adalah mengedepankan prinsip prioritas. Yaitu budaya kerja, budaya melayani, senyum, sapa, salam, sopan dan santun. 

"Juga memastikan kebersihan agar meninggalkan kesan baik. Wisatawan tidak kapok, dan akan datang kembali," pesan Winner.

Tingginya pemesanan untuk akomodasi di kawasan Toba, khususnya untuk hotel berbintang juga disampaikan Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Sumatra Utara Denny S Wardhana.

Baca juga : Swiatek Raih Gelar Penglaris

"Hotel berbintang di daerah Balige dipastikan sudah 95 persen penuh. Kalau homestay saat ini belum update data berapa yang sudah terisi. Tapi menurut informasi, sudah banyak yang beralih untuk memesan akomodasi ke homestay di area dekat acara," ungkap Denny.

Sebagai upaya untuk memberikan layanan terbaik, termasuk memperkenalkan sesuatu yang khas Toba, PHRI juga mendorong restoran-restoran menyajikan menu-menu lokal yang terkenal punya cita rasa tinggi.

"Diharapkan, wisatawan dapat merasakan sajian kuliner asli dari tanah Toba," kata Denny.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.