Dark/Light Mode

Luhut Happy Event F1 Powerboat Sukses

Investor Lirik Bangun Hotel Di Danau Toba

Selasa, 28 Februari 2023 06:45 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) menyaksikan sesi kualifikasi saat menghadiri Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/2/2023). (Foto: Antara).
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) menyaksikan sesi kualifikasi saat menghadiri Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/2/2023). (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Sala­huddin Uno mengatakan, setelah F1 Powerboat, pihaknya telah menyiapkan banyak acara lain untuk digelar di Danau Toba.

Acara tersebut direncanakan untuk menggaet para wisatawan melirik indahnya pariwisata di Sumut. Nanti event-nya bisa me­liputi olahraga, musik maupun acara kreatif, dan kami sudah merangkainya.

“Kita juga akan mendorong teman-teman di badan otorita Danau Toba untuk mengangkat event-event daerah,” kata Sandi dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Bamsoet Puji Kesuksesan F1 Powerboat World Championship 2023 di Danau Toba

Selain itu, Kemenparekraf juga siap meningkatkan fasilitas dan standarisasi penginapan di kawasan Danau Toba. Hal ini bertujuan agar standarisasi pelayanan di Danau Toba bisa menyentuh kelas dunia.

“Kita terus meningkatkan ke­siapan Sumber Daya Manusia (SDM), pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga standar pe­layanan di Danau Toba sebagai destinasi sumber prioritas bisa mendekati standar pelayanan yang ada di destinasi lain,” ujarnya.

Pengamat ekonomi Rudolf V Saragih menyebut, event kelas dunia seperti F1 Powerboat sangat berdampak positif. Terutama bagi perekonomian masyarakat di Kawasan Danau Toba.

Baca juga : Luhut: F1 Powerboat Sukses, Bukti Orang Batak Bisa Diatur

Menurutnya, kehadiran masyarakat yang ingin menon­ton akan mendorong spending di lokasi acara dan sekitarnya. Spending seperti makan, minum, hotel, guide, transportasi lokal maupun dari luar Balige pasti meningkat signifikan.

“Yang paling penting, keindahan Danau Toba makin dikenal di internasional,” kata Rudolf dalam keterangannya, Minggu (26/2).

Untuk sektor UMKM, lan­jut dia, dipastikan mengalami peningkatan yang signifikan, baik dari sisi pemesanan atau penjualan.

Baca juga : F1Powerboat Sukses, Kemenparekraf Mau Perbanyak Event Internasional Di Danau Toba

“Pengunjung atau turis yang datang ke lokasi kegiatan, ter­masuk juga para peserta pasti akan melakukan transaksi di sana. Sebagian besar UMKM pasti akan merasakan manfaat­nya,” ucap Rudolf.

Seperti diketahui, F1 Power­boat merupakan kejuaraan dunia perahu motor Formula 1 (F1). Kegiatan tersebut berlangsung dari Jumat sampai Minggu, 24-26 Februari 2023 di Balige, Ka­bupaten Toba, Sumatera Utara.

Sebanyak 18 pembalap F1 Powerboat dari berbagai negara turut serta dalam ajang balap bergaya grand prix ini. ■  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.