Dark/Light Mode

Jadi Koperasi Modern, Mino Saroyo Cilacap Digitalisasi 14 Unit Usaha

Kamis, 2 Maret 2023 16:59 WIB
Ketua Koperasi Perikanan Mino Saroyo Untung Jayanto. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Ketua Koperasi Perikanan Mino Saroyo Untung Jayanto. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Bahkan lewat aplikasi ini, Kemenkop UKM dapat mengetahui profil koperasi Mino Saroyo, termasuk berapa omzet koperasi. Koperasi Mino Saroyo juga tengah merancang untuk melakukan digitalisasi anggota koperasi. Hal itu ditujukan agar anggota koperasi yang berjumlah 8441 orang tergabung dalam sebuah sistem database.

“Kami juga sedang merencanakan membuat kartu anggota elektronik, sehingga mudah membaca aktivitas usaha anggota, mulai dari kebutuhan penggunaan BBM, produksi, dan sebagainya,” jelasnya.

Baca juga : Pertamina Berbagi Pengalaman Sentralisasi dan Digitalisasi Layanan ke Anak Usaha PLN

Koperasi Mino Saroyo memiliki 14 unit usaha antara lain, 8 unit TPI, 7 unit SPDN, Warung Serba Ada, Unit Simpan Pinjam, Unit Cold Storage, dan lainnya. Anggota koperasi Mino Saroyo diantaranya adalah para nelayan dan pemilik kapal.

Khusus untuk SPDN, digitalisasi menggunakan sistem yang dibangun oleh Pertamina, yakni My Pertamina. Namun, pendataan tersebut tetap terhubung dengan aplikasi yang dimiliki oleh Koperasi Mino Saroyo.

Baca juga : Danamas-Pitik Kolaborasi Untuk Tingkatkan Digitalisasi Peternak Ayam

Koperasi Mino Saroyo berhasil mencapai tangkapan ikan sebanyak 11,8 juta pada 2022, meningkat dari tahun 2021 yang mencapai 8 juta kg ikan. Mino Saroyo juga mencatatkan volume usaha sebesar Rp 263 miliar pada 2022, naik dari tahun 2021 yang besarnya Rp 232 miliar.

Program modernisasi koperasi merupakan agenda prioritas 2020-2024 Kementerian Koperasi dan UKM 2020-2024. Proses modernisasi terbagi menjadi empat tahap, yakni fase pemodelan, replikasi, fase masifikasi, dan pemantapan, serta pengembangan lanjutan.

Baca juga : Hari Pers Nasional, Ibas Harap Pers Kritis Bermartabat

Ada enam pendekatan sebagai indikator koperasi modern, yaitu terhubung dengan offtaker, manajemen bisnis (professional), akses pemasaran, akses pembiayaan, adopsi teknologi dan informasi, serta membangun ekosistem. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.