Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moeldoko Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM, Ini Alasannya

Rabu, 9 November 2022 19:43 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, Rabu (9/11). Di sana, Moeldoko berdialog bersama para pelaku UMKM terkait program go digital. (Foto: KSP)
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, Rabu (9/11). Di sana, Moeldoko berdialog bersama para pelaku UMKM terkait program go digital. (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko terus menghimbau masyarakat mendukung upaya percepatan digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Apalagi, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang tidak goyah dihantam krisis sekalipun.

"UMKM harus menuju dunia digital. Jangan ragu masuk digital. Saat ini konsumen tidak ingin hal-hal yang ribet, apalagi kalau sudah berbicara soal waktu, semua harus cepat. Dunia digital tentu akan membuka peluang besar dan membawa perubahan drastis bagi UMKM kita," kata Moeldoko dalam kunjungan kerjanya ke Rumah BUMN di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (9/11).

Baca juga : Jelang Pengumuman Inflasi AS, Rupiah Melesat

Dia mengaku senang dengan inisiatif masyarakat yang secara kolaboratif mengembangkan ide bisnis melalui program Rumah BUMN pemerintah.

Seperti diketahui, Program Rumah BUMN berfokus pada pemberdayaan UMKM menjadi go digital. Dengan peningkatan literasi UMKM dalam berniaga secara digital, pelaku UMKM diharapkan mampu mendiversifikasi saluran pemasaran produk mereka sehingga meningkatkan pendapatan serta daya saing UMKM.

Baca juga : Besok Puncak Gerhana Bulan Total, Ini Jadwal & Wilayahnya

"Saya mengapresiasi inisiatif-inisiatif seperti ini karena Presiden berpikir keras bagaimana UMKM bisa naik kelas dan go digital. Rumah BUMN bisa jadi jembatan pelaku UMKM kepada dunia perbankan dan pasar. Tapi kalau anda tidak mau go digital, sudah pasti akan ditinggalkan konsumen," kata Moeldoko.

Untuk diketahui, Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Kota Tegal dan Cirebon hari ini. Salah satu fokus kunjungan kerja ini adalah meninjau pengembangan UMKM di daerah.

Baca juga : GoTo Komit Dorong Mitra UMKM Hadapi Tren Pasar & Digitalisasi

Di Tegal, Moeldoko meninjau langsung aktivitas ekonomi di Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari (PPP). Selain berdialog bersama para nelayan terkait harga kebutuhan pokok, harga jual ikan dan kebutuhan operasional para nelayan, Ia menghimbau agar produk pengolahan ikan bisa dipasarkan melalui UMKM yang sudah digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.