Dark/Light Mode

BPIP Berikan Pembekalan Ke Purna Paskibraka Duta Pancasila Angkatan 2021

Jumat, 3 Maret 2023 14:18 WIB
Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Karjono. (Foto: Ist)
Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Karjono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Karjono menegaskan, Purna Paskibraka Duta Pancasila merupakan Role Model yang harus selalu berpedoman pada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Menurutnya, hal itu sudah tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

“Dalam pasal satu perpres 51 tahun 2022 dimandatkan bahwa Paskibraka merupakan kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila,” kata Karjono, saat memberikan pembekalan di Gedung Sarbini Cibubur, Jakarta, Kamis (2/3).

Baca juga : BI Dukung Penerbitan Kode Etik Pasar Keuangan

Tidak hanya itu, Karjono menjelaskan ikrar Paskibraka yang di ucapkan para Calon Paskibraka pada saat pengukuhan. 

Ia juga memaparkan sejarah Paskibraka yang digagas oleh Bung Karno pada tahun 1946 dengan menugaskan ajudanya Mayor (Purn) Husein Mutahar untuk mencari Pemuda Pemudi dari seluruh penjuru Indonesia.

Baca juga : Waka BPIP Kenalkan Salam Pancasila Ke Mahasiswa UT

"Karena keterbatasan pada tahun 1946 jumlah Paskibraka sejumlah 5 orang yang terdiri dari 3 Pria dan 2 Wanita, kemudian pada tahun 1967 terdapat Inovasi Formasi yaitu 17 orang Pengiring (Pemandu), 8 orang Pembawa Bendera (Inti), dan 45 orang Pengawal, hal ini menunjukan simbol Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," paparnya.

Di samping hal tersebut, Karjono juga menyampaikan tips menjadi generasi muda yang Bener dan Pinter. "Seluruh Purna Paskibraka yang hadir di sini wajib meningkatkan Iptek dan Iptaq, saya yakin seluruh peserta yang hadir adalah Adik-adik yang Pinter dan Bener," harapnya. 

Baca juga : DPR Dukung Inovasi Pertanian

Dalam acara pembekalan tersebut turut hadir, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina, Direktur Evaluasi Edi Subowo, Direktur Pengendalian Fahrurozi, dan Para Kakak Pembina dan Pengurus DPPI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.